Find Us On Social Media :

6 Fakta Mengejutkan tentang Hemofilia, Penyakit ‘Keturunan’ yang Tak Tersembuhkan

By Ade Sulaeman, Kamis, 20 April 2017 | 09:00 WIB

Hemofilia

Intisari-Online.com – Hari hemofilia dunia yang diperingati setiap tanggal 17 April untuk mengingatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan penyakit turun-temurun ini.

(Baca juga: Bagaimana Mendeteksi Dini Hemofilia?)

Mereka yang menderita hemofilia tidak punya pilihan selain untuk hidup dengan penyakit tersebut dan menjalani perawatan untuk mengurangi gejala. Mereka juga harus menerima kenyataan bahwa mereka mengidap penyakit yang tak bisa disembuhkan.

Hemofilia adalah kelainan genetik di mana darah tidak dapat membeku secara normal, sehingga menyebabkan berbagai gejala seperti memar ekstrim, kelelahan, darah dalam tinja dan urin, pendarahan hidung.

Penderita hemofilia sering mengalami kecemasan dan depresi, karena kondisi mereka. Sering kali mitos dan fakta mengelilingi mereka yang akhirnya membuat mereka semakin depresi.

Agar tidak terjebak dengan mitos-mitos tersebut, mari simak fakta-fakta hemofilia berikut ini:

Fakta 1

Hemofilia disebabkan oleh protein yang hilang dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap pembekuan darah secara normal.

Fakta 2

Banyak penderita hemofilia terkena AIDS, karena mereka memerlukan transfusi darah dan mentransfer plasma darah.

Fakta 3

Hemofilia sering disebut sebagai penyakit kerajaan, karena itu sangat umum terjadi di banyak keluarga kerajaan Eropa pada abad ke-19 dan 20.