Find Us On Social Media :

Baru Saja Dilaporkan Kepada KPK, Terungkap Ternyata Gibran Punya Harta Sendiri Nyaris Setengah Dari Kekayaan Presiden Jokowi, Segini Jumlah dan Asetnya

By May N, Jumat, 14 Januari 2022 | 14:07 WIB

Potret sosok Kedua anak Jokowi yang dilaporkan ke KPK, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep

Intisari - Online.com - Nama Gibran Rakabuming Raka, walikota Solo sekaligus anak pertama dari Presiden RI Joko Widodo terseret dalam pelaporan dugaan pencucian uang oleh Ubedilah Badrun, seorang akademisi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Tidak hanya Gibran, adiknya, Kaesang Pangarep juga ikut dilaporkan ke KPK atas dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) serta kolusi dan nepotisme (KKN).

Keduanya diduga punya kaitan dengan perusahaan yang diduga terlibat dalam kasus pembakaran hutan, yaitu PT Bumi Mekar Hijau (PT BMH).

Sebelumnya diketahui jika PT BMH adalah anak usaha grup PT Sinarmas Group.

“Kami minta kepada KPK untuk menyelidiki dan meminta kepada KPK agar menjadi terang benderang dan bagaimana kemudian bila perlu Presiden dipanggil untuk menjelaskan posisi ini,” ucap Ubedilah di Gedung Merah Putih KPK sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin, (10/1/2022).

Ubed membuat laporan ketika tahun 2015 manajemen PT BMH dijadikan tersangka pembakaran hutan tapi penanganan kasus pidana pembakaran hutan tidak berjalan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggugat melalui jalur perdata dengan menuntut ganti kerugian sebesar Rp 7,9 triliun.

Sayangnya, lewat Mahkamah Agung pada Februari 2019 tuntutan hanya Rp 78 miliar.

Baca Juga: Pantas Berani Laporkan Gibran dan Kesang ke KPK dengan Dugaan Kasus Korupsi, Selain Kantongi Bukti Aliran Dana Sekitar Rp99 Miliar, Ternyata Inilah Latar Belakang Sosok Ubedilah Badrun

Baca Juga: Telusuri Dugaan Aliran Dana yang Masuk ke Rekening Gibran dan Kaesang, Ternyata Berkaitan dengan Perusahaan Pembakaran Hutan Ini, Seperti Apa Skemanya?

“Itu terjadi pada Februari 2019 setelah anak Presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SM,” jelas Ubedilah.

Lantas, sebenarnya berapa kekayaan Gibran?