Enam Kegiatan Kebersihan yang Harus Dipelajari Anak sejak Dini

  • Sabtu, 22 Agustus 2015 13:00 WIB

Enam Kegiatan Kebersihan yang Harus Dipelajari Anak sejak Dini

Intisari-Online.com - Menjaga kebersihan rumah nyatanya tidak hanya dilakukan oleh orang tua atau pembantu rumah tangga. Anak-anak kita juga harus dikenalkan serta diajarkan pentingnya menjaga kebersihan rumah. Ada enam kegiatan kebersihan dasar yang harus dipelajari anak sejak dini. Apa sajakah itu?

1. Melakukan laundry

Melakukan laundry di sini maksudnya adalah memilah pakaian yang akan dicuci. Sejak dini, anak-anak sudah bisa diajarkan tentang memilah pakaian kotor yang akan dicuci. Tak jarang pula mereka akan menganggap ini adalah sebuah permainan yang menyenangkan. Setelah remaja, mereka dapat diajarkan untuk mengambil cucian dari pengering pakaian dan melipatnya dengan rapi.

2. Mencuci piring

Ini juga merupakan pekerjaan yang dapat diajarkan kepada anak-anak. Mereka dilatih untuk mencuci piring, membilas dengan benar, dan menghilangkan noda yang terdapat pada piring. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengajarkan kepada anak bagaimana mengeringkan serta menyusun perlengkapan makanan. Jangan lupa ajarkan tentang keselamatan, misalnya mencuci pisau dan bagaimana cara memegang pisau yang benar.

3. Merapikan tempat tidur

Belajar merapikan tempat tidur sendiri tentunya akan berguna untuk anak. Mereka dilatih untuk mandiri dan disiplin. Dengan ini juga anak-anak dapat mengatur letak bantal, boneka, dan selimut mereka sesuai dengan keinginan mereka. Ini akan menjadi kebiasaan baik untuk anak.

4. Menyapu

Menyapu lantai rumah adalah salah satu pekerjaan yang sederhana. Ajarkan pada anak bagaimana menyapu kotoran di lantai. Ini akan menjadi kebiasaan yang baik untuk mereka dalam menjaga kebersihan rumah.

5. Mengepel

Reporter : Monalisa Darwin D
Editor : Monalisa Darwin D

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×