Dalam Kondisi Kritis, Jet Tempur Sering Terpaksa Menjadi Kanibal Demi Tetap Bertahan Hidup

  • Minggu, 11 Februari 2018 20:00 WIB

Perawatan jet tempur TNI AU | A Winardi

Intisari-Online.com - Sebenarnya hanya ada dua status pesawat menyangkut tidak dan dapatnya pesawat diterbangkan yaitu status Serviceable (S) dan status Unserviceable (US).

Status S dan US ini tidak ada kaitan dengan umur pesawat dan sisa jam terbang. Bila dinyatakan S maka pesawat tersebut dinyatakan laik operasi.

Tidak ada pengertian lain misalnya pesawat laik terbang tetapi tidak laik operasi.

Pesawat masa kini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga antara satu sistem dengan lainnya saling terkait, semua berbasis keselamatan.

(Baca juga: Operasi Cakra, Misi Senyap Kapal Selam Indonesia Saat Merebut Papua)

Lain halnya pesawat tempo doeloe, setiap sistem berdiri secara individu sehingga pesawat yang US alat navigasinya, dapat diterbangkan secara visual, tidak seperti pesawat masa kini.

Terkait critical items, maka sebenarnya adalah kondisi cadangan komponen yang ada sudah di bawah minimum  stock level.

Komponen pesawat yang tersimpan di Titik Bekal (berada di skadron udara) mempunyai jumlah minimal.

Bila jumlah ini sudah diambang batas atau bahkan sudah di bawah jumlah yang dipersyaratkan, maka masuk dalam kondisi kritis (critical items) , yang berarti bahwa komponen tersebut harus dihemat.

Reporter : Agustinus Winardi
Editor : Ade Sulaeman

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×