Find Us On Social Media :

Bak Balas Dendam pada Sang Suami, Inilah Kisah Kekejaman Ratu Catherine de Medici, Eksekusi Selingkuhan Putrinya di Depan Mata Sang Putri dan Biarkan Raja Mati dalam Kesendirian

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 29 Januari 2022 | 17:50 WIB

Ratu Catherine de Medici.

Intisari-Online.comRatu Catherine de Medici adalah wanita paling berkuasa di abad ke-16, yang memerintah istana Kerajaan Prancis selama 17 tahun dalam berbagai pengaruh dan kekuatannya.

Berbakti kepada anak-anaknya dan keberhasilan garis Valois, Catherine mendukung 3 putranya sebagai Raja Prancis melalui gejolak agama paling kejam di negara itu.

Begitu luas pengaruhnya selama periode ini sehingga sering dijuluki ‘era Catherine de Medici’, dan dia turun sebagai salah satu wanita paling terkenal dalam sejarah.

Berikut ini 10 fakta tentang Ratu Catherine de Medici yang tangguh.

1. Dilahirkan dalam keluarga Medici yang kuat di Florence

Catherine lahir pada 13 April 1519 dari pasangan Lorenzo de' Medici dan istrinya Madeleine de La Tour d'Auvergne, yang dikatakan 'segembiranya seperti anak laki-laki'.

Keluarga Medici adalah keluarga bankir kuat yang memerintah Florence, mengubahnya menjadi kota Renaissance yang megah di abad-abad sebelumnya.

Namun, satu bulan setelah kelahirannya, Catherine mendapati dirinya yatim piatu ketika ibunya meninggal karena wabah dan ayahnya sifilis.

Baca Juga: Ratu Paling Kejam dari Athena, Inilah Ratu Irene, Pimpin Konspirasi Lawan Puteranya Sendiri, Perintahkan Tangkap Kaisar, dan Cungkil Matanya

Baca Juga: Terkenal Cantik Namun Kejam, Demi Jadi Satu-satunya Penguasa Wanita di China, Permaisuri Wu Zetian Bunuh Anaknya Sendiri, Gulingkan Putranya, Hingga Selingkuhi Putra Kaisar

Dia kemudian dirawat oleh neneknya dan kemudian bibinya di Florence, di mana orang-orang Florentine memanggilnya duchessina; 'duchess kecil'.

2. Usia 14 tahun ia menikah dengan Pangeran Henry, putra kedua Raja Francis I dan Ratu Claude