Find Us On Social Media :

Skandal Putri Marguerite de Valois, Pernikahannya Bak ‘Tumbal’ Perselisihan Dua Agama Besar, Bulan Madu pun Diwarnai ‘Pembantaian Berdarah’ yang Digagas oleh Ibunya Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 23 Januari 2022 | 07:30 WIB

Marguerite de Valois, bak 'tumbal' perselisihan dua agama besar di Prancis.

Intisari-Online.com – Lahir pada masa yang penuh gejolak dalam sejarah Prancis, Marguerite de Valois (1553-1615), adalah anak keenam dari Raja Henry II dan Catherine de Medici.

Dia menyaksikan hari-hari sekarat monarki Valois dan kekerasan perang Katolik-Huguenot, yang menjadi pusat konflik.

Pada usia 19, dia kehilangan ayahnya dalam kecelakaan jousting (turnamen di atas punggung kuda) yang aneh.

Ibunya yang lahir di Italia, Marchiavellian dengan kuat mengendalikan takhta saudara laki-lakinya.

Marguerite sendiri sudah memiliki reputasi yang tidak bermoral sebagai gundik yang dikabarkan dari salah satu pangeran House of Guise, saingan berat ibunya.

Benar atau tidak, gosip itu dipicu oleh saudara lelakinya yang agung, Henry III, yang menuduh bahwa dia memiliki hubungan inses, sementara gosip lain mengatakan bahwa mereka sangat membenci satu sama lain.

Ketika tiba saatnya, untuk mendamaikan Valois yang Katolik dengan Navarre yang Protestan dari keluarga kerajaan, ‘dikorbankan’lah Marguerite kepada Raja Huguenot Henry dari Navarre.

Di tengah gosip bahwa ibunya telah meracuni ibu mertuanya, Ratu Jeanne dari Navarre, pernikahan itu berlangsung dengan mempelai pria Protestan yang dipaksa berdiri di luar katedral.

Baca Juga: Skandal Ratu Denmark dengan Dokter Pribadi Suaminya, Bermula dari ‘Sakit Jiwa’ Sang Raja Christian VII yang Memiliki ‘Kepuasan’ Aneh dalam Hal Berhubungan Intim, Hingga Kisah Cinta Berujung Maut

 Baca Juga: 2.000 Tahun Setelah Kematiannya, Begini Rupanya Hasil Rekonstruksi Digital Wajah Cleopatra dan Fakta Menakjubkan Tentang Ratu Mesir yang ‘Skandal’ Cintanya Rumit dengan Penguasa Roma, Benarkah Cantik?

Beberapa hari kemudian, saudara laki-lakinya dan ibu Marguerite, diduga, melepaskan teror Hari Pembantaian St. Bartholomeus, dengan memusnahkan ribuan Huguenot Prancis.

Terlepas dari ketidaksukaannya sendiri pada suami yang dipandangnya sebagai anak desa, Marguerite melindunginya dan yang lainnya, sehingga menyelamatkan mereka dari kematian.