Find Us On Social Media :

Tahukah Anda Kalau Ratu Ankhesenamun, Istri Firaun Tutankhamun Itu Adalah Saudara Perempuan Sang Raja Sendiri? Bagaimana dengan Keturunan Mereka Karena Pernikahan Inses Ini?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 12 Januari 2022 | 12:10 WIB

Tutankhamun dan istri, Ankhesenamun.

Intisari-Online.com – Tiga puluh tiga abad dan enam dekade yang lalu, ada seorang gadis bernama Ankhesepaaten di wilayah Mesir Kuno.

Dia merupakan anak ketiga dari enam putri Firaun Akhenaten dan istri kerajaannya, Nefertiti.

Bertahun-tahun kemudian, gadis itu menjadi istri kerajaan saudara tirinya yang kemudian menjadi raja bernama Tutankhamun.

Karena itulah dia kemudian dikenal dengan nama Ankhesenamun.

Ketika namanya berubah, begitu pula Mesir Kuno yang mulai menghadapi banyak perubahan selama hidupnya terutama setelah kematian ayahnya.

Sebelum Akhesenamun menjadi ratu, namanya lebih dikenal dengan sebutan Ankhesepaaten.

Era di mana kemudian dia muncul, itu adalah saat Mesir mengalami revolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai agama (1348 SM).

Ayah Ankhesepaaten pada waktu itu meninggalkan dewa-dewa lama Mesir demi Aten, yang dikategorikan sebagai piringan matahari.

Baca Juga: Sungguh Indah! Topeng Mumi Tutankhamun Terbuat dari Emas dan Beragam Batu Mulia, Apa Sebenarnya yang Diwakili oleh Topeng Kematian Firaun Mesir Kuno Itu?

 Baca Juga: Kematian Misterius Istri Tutankhamun, Ratu Ankhesenamun yang Hidupnya Penuh Kesengsaraan, Akhiri Garis Darah Amarna Sejati dan Sejarah Mesir Kuno, Benarkah Dia Dibunuh?

Gadis itu dibesarkan di ibu kota ayahnya, Amarna.

Dua saudara perempuannya dan tiga putri pertama Akhenaten kemudian menjadi ‘Putri Senior’ dan karena itu, berpartisipasi dalam banyak acara terkait pemerintah dan acara keagamaan.