Find Us On Social Media :

Tanpa Harus Menikahi, Raja Ini Bisa Miliki Istri Sah hingga Ratusan Orang, Rupanya Tradisi Gila Ini yang Bikin Raja Punya Banyak Istri Meski Sama Sekali Tak Menginginkanya

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 27 Januari 2022 | 18:07 WIB

Raja Kamerun

Intisari-Online.com - Abumbi II atau raja ke-11, dari Bafut, Kamerun, memiliki hampir 100 istri.

Menurut tradisi setempat, ketika seorang raja meninggal, penerusnya akan mewarisi semua istrinya dan menikahi ratunya.

"Para ratu memiliki peran besar untuk dimainkan dalam kerajaan," catat Pangeran Nickson, yang juga berasal dari Bafut sebagaimana diwartakan CNN pada 2016 lalu.

"Di belakang setiap pria sukses pasti ada wanita yang sangat sukses dan setia," kata istri ketiga Abumbi, Ratu Constance.

"Tradisi kami mengatakan bahwa ketika Anda menjadi raja, para istri tua tetap mewariskan tradisi kepada istri yang lebih muda, dan juga mengajarkan tradisi kepada raja karena raja pernah menjadi pangeran."

Terlepas dari kenyataan bahwa poligami adalah legal di Kamerun, data menunjukkan bahwa hanya ada sedikit pernikahan poligami di seluruh benua Afrika.

Praktek ini ditantang oleh nilai-nilai yang berubah, penyebaran iman Kristen, daya tarik yang berkembang dari cara hidup barat.

Namun hal itu juga bersamaan dengan meningkatnya biaya untuk memiliki keluarga besar.

Baca Juga: Kisah Ratu Katherine dari Aragon, Benarkah Istri dan Ratu Henry VIII yang Paling Setia, Hingga Harus Dibuktikan di Pengadilan Istana? Kelakuan Sang Raja Hingga Ubah Agama dan Politik Inggris Selamanya

 Baca Juga: Mampu Mengubah Peradaban Majapahit dari Kerajaan Hindu Menjadi Islam Terkuak, Ternyata Inilah Sosok Putri Cempa Wanita yang Konon Mengislamkan Raja Majapahit

Dengan latar belakang inilah para penguasa tradisional Kamerun harus berjalan di antara dua budaya yang sering bertentangan.

“Selama kolonialisme nilai-nilai lain datang."