Find Us On Social Media :

Suaminya Lebih Pilih Kekasih Prianya, Ratu Isabella dari Prancis Lancarkan Invasi untuk Gulingkan Takhta Raja Edward II untuk Putranya yang Masih Muda

By Tatik Ariyani, Kamis, 27 Januari 2022 | 16:49 WIB

Ratu Isabella dari prancis

Intisari-Online.com - Salah satu wanita paling terkenal dalam sejarah Inggris, Isabella dari Prancis memimpin invasi ke Inggris yang pada akhirnya mengakibatkan turunnya raja sekaligus suaminya, Edward II, pada Januari 1327.

Isabella adalah anak keenam dari tujuh bersaudara Philip IV, raja Prancis dari tahun 1285 hingga 1314

Isabella dari Prancis menikah dengan Raja Edward II dari Inggris di Boulogne, Prancis utara, pada 25 Januari 1308.

Saat menikah, Isabella baru berusia 12 tahun dan Edward berusia 23 tahun.

Isabella tiba di Inggris untuk pertama kalinya pada 7 Februari 1308.

Melansir History Extra, Isabella dan Edward II bersama-sama dinobatkan sebagai raja dan ratu Inggris di Westminster Abbey pada tanggal 25 Februari 1308, tepat sebulan setelah pernikahan mereka.

Isabella terlalu muda untuk terlibat dalam politik Inggris selama beberapa tahun, dan juga terlalu muda untuk menjadi istri Edward.

Sejak awal 1300-an, Edward II telah tergila-gila dengan seorang bangsawan muda Béarn di Prancis selatan bernama Piers Gaveston, yang ia jadikan Earl of Cornwall dan menikah dengan keponakan kerajaannya Margaret de Clare pada tahun 1307.

Baca Juga: Coba Perhatikan Patung Ratu Mesir Kuno yang Satu Ini, Mengapa Patung Nefertiti Ini Satu Bola Matanya Tidak Ada? Apa yang Menyebabkan Dia Sampai Harus Kehilangan Matanya?

Baca Juga: Kisah Ratu Katherine dari Aragon, Benarkah Istri dan Ratu Henry VIII yang Paling Setia, Hingga Harus Dibuktikan di Pengadilan Istana? Kelakuan Sang Raja Hingga Ubah Agama dan Politik Inggris Selamanya

Gaveston dibunuh pada Juni 1312 oleh sekelompok baron Inggris yang muak dengan pengaruhnya yang berlebihan terhadap raja.

Para baron dipimpin oleh Thomas, Earl of Lancaster, yang merupakan sepupu pertama Edward II dan paman Isabella (adik tiri ibunya, Joan I dari Navarre).