Find Us On Social Media :

Kisah Carlota, Putri Belgia yang Jadi Ratu Meksiko, Miliki Mimpi Besar Ubah Kekaisaran Meksiko Jadi Lebih Baik, Namun Mentalnya Terganggu Hingga 60 Tahun Hidup dalam Pikirannya Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 28 Januari 2022 | 07:30 WIB

Carlota, Putri Belgia yang menjadi Ratu Kekaisaran Meksiko.

Intisari-Online.com – Permaisuri Carlota dari Meksiko sering dilihat sebagai karakter sekunder dalam sejarah Meksiko, selalu di belakang suaminya Maximilian.

Tetapi, dia adalah sosok yang cukup aktif dalam politik Kekaisaran dan merupakan wanita pertama yang memerintah di Amerika Latin.

Bayangkan, menjadi seorang bangsawan yang tidak akan pernah naik takhta, itu berarti meskipun memiliki darah bangsawan, Anda tidak mungkin menjadi tokoh penting dalam sejarah.

Tetapi, bila tiba-tiba sekelompok orang dari negara asing, yang menghubungi Anda dan meminta Anda memerintah negara mereka sebagai penguasa, apa yang Anda lakukan?

Itulah yang terjadi pada Archduke Maximilian dari Austria, yang tanpa berpikir panjang, memutuskan untuk menjelajah, bersama istrinya, Putri Carlota, ke dalam ‘sesuatu’ yang akan menjadi malapetaka mereka.

Maximilian dan Carlota adalah tokoh terkenal dalam sejarah Meksiko, tetapi tidak dilihat secara positif.

Lahir pada tahun 1840, Carlota adalah putri keempat dan satu-satunya dari Raja Belgia, Raja Leopold I, dan istri keduanya, Louise dari Orleans.

Sejak lahir, Carlota mendapat gelar Putri, tetapi memerintah tidak akan pernah menjadi takdirnya.

Baca Juga: Bak Vampir yang ‘Haus Darah Perawan’ dan Dikenal Kejam, Inilah Kisah Countess Elizabeth Bathory, Bangsawan Hungaria, Bunuh Hingga 650 Gadis Jelata yang Diiming-imingi Kerja Sebagai Pelayan Kastil

 Baca Juga: Coba Perhatikan Patung Ratu Mesir Kuno yang Satu Ini, Mengapa Patung Nefertiti Ini Satu Bola Matanya Tidak Ada? Apa yang Menyebabkan Dia Sampai Harus Kehilangan Matanya?

Dia ditakdirkan untuk menikahi seorang bangsawan dan melahirkan ahli waris untuk keluarganya, yang dilakukan pada tahun 1857, ketika dia menikahi sepupu keduanya, Archduke Maximilian dari Austria, adik dari Kaisar Francis Joseph I, dan calon paman Archduke Franz Ferdinand. , yang pembunuhannya akan memicu Perang Dunia I (tapi itu cerita lain).

Karena Francis sudah menjadi Kaisar, maka kecil kemungkinan dia akan naik takhta, sesuatu yang dia impikan.