Pilot Pesawat Terbang Jerman Ini Selamatkan Pilot Amerika Saat Perang Dunia II, Bertahun-tahun Kemudian Mereka Saling Bertemu, ‘Terima Kasih’

K. Tatik Wardayati

Editor

Intisari-Online.com – Manusia terkadang dapat membuktikan dirinya dengan cara yang paling menakjubkan dan tempat yang tidak biasa.

Ambil contoh kasus pilot yang menembak jatuh yang lain, hanya untuk membantu korbannya kembali ke tempat yang aman.

Ludwig Franz Stigler lahir pada tanggal 21 Agustus 1915 di Regensburg, Jerman.

Dia mengidolakan ayahnya, Franz, yang pernah menjadi pilot pengintai selama Perang Dunia I.

Baca Juga: Kisah Pilot Luar Biasa, Lakukan Pardo's Push untuk Selamatkan Wingman, Dorong Phantom Rusak dengan Kaitkan Ekor Penghubungnya, Terbang dari Vietnam dengan Bahan Bakar Menipis

Karena itu, dia memilih dipanggil dengan nama tengahnya.

Ayah dan seorang temannya memulai sekolah terbang untuk anak-anak setempat.

Pesawat layang digunakan karena Jerman tidak mengizinkan pesawat lain setelah kalah dari Sekutu.

Hasilnya, Stigler muda pertama kali terbang pada tahun 1927 kala berusia 12 tahun.

Baca Juga: ‘Lahir untuk Terbang’ Kisah Heroik Pilot Cyril Barton, Berhasil Selamatkan Seluruh Kru Pesawat Pembomnya yang Rusak Saat Perang Dunia II, Tetapi Tewas Saat Pendaratan Darurat

Pesawat peluncurnya jatuh, tapi itu bukan salahnya.

Ayahnya lupa menambahkan keseimbangan untuk mengimbangi berat badan putranya.

Tidak masalah, karena Stigler tidak terluka.

Meskipun pendaratannya tidak terjadwal, tetapi dia menjadi ketagihan terbang.

Ketika usianya memasuki 17 tahun, Stigler mulai pelatihan untuk pendeta sampai dia berkenalan dengan putri pembuatan bir setempat.

Dia dikirim ke universitas untuk mendapatkan gelar di bidang teknik penerbangan.

Bosan dengan akademisi, dia drop out untuk fokus terbang.

Dia bekerja untuk Lufthansa sebagai pilot maskapai selama empat tahun.

Pada tahun 1935, Nazi Jerman melepaskan kepura-puraan untuk mengikuti Perjanjian Versailles dengan mempersenjatai kembali dan membangun kembali militernya secara terbuka.

Baca Juga: ‘Apa yang Kita Lakukan Membangunkan Raksasa Tidur’ Kisah Pilot George Welch, Salah Satu Pilot yang Melawan Jepang dalam Serangan Mendadak Pearl Harbor

Stigler diperintahkan untuk melatih pilot untuk militer.

Dia juga melakukan misi reguler untuk memasok rezim Franco selama Perang Saudara Spanyol.

Stigler senang menjadi instruktur penerbangan dan mendapat sensasi pada tahun 1939 ketika dia melatih kakak laki-lakinya.

Pada bulan Oktober 1940 saudara laki-lakinya ditembak jatuh oleh musuh.

Stigler agak terpisah dari perang, tetapi kematian saudaranya membuatnya personal.

Putus asa untuk membalas dendam, dia berangkat ke Afrika pada tahun 1942 dan bekerja di bawah komando Gustav Roedel (yang dikreditkan dengan 37 pembunuhan).

Stigler menembak musuh pertamanya pada 31 Mei, dan pada April 1943, dia telah menembak jatuh 17 pesawat Sekutu, mendapatkan tempat bersama Jagdgeschwader (kelompok tempur) 27.

Agustus menemukannya kembali di Jerman menerbangkan Messerschmitt Bf 109s melawan serangan bom Sekutu, semakin mengintensifkan kebenciannya terhadap musuh.

Charles "Charlie" Lester Brown lahir pada tanggal 24 Oktober 1922, di West Virginia. Dia mendaftar di Angkatan Darat AS hanya beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-17 pada 19 Oktober 1939, dan pada 16 April 1942, dia menjadi Letnan 2 yang ditugaskan.

Baca Juga: Kisah Pilot Rusia yang Hilang Selama 31 Tahun dan Ditemukan Masih Hidup di Afghanistan Diduga Jadi Tawanan Perang Pemberontak, Benarkah Dia?

Pada 1943, Brown adalah pilot B-17F dengan Grup Pengeboman ke-379 yang ditempatkan di Royal Air Force (RAF) Kimbolton, Inggris.

Belakangan di tahun itu, ia ditugaskan ke pesawat pembom Ye Olde Pub dari Skuadron Pemboman ke-527.

Pada 20 Desember, Brown dan sembilan awaknya terbang ke Jerman dalam misi pemboman pertama mereka. Sasaran mereka adalah pabrik pesawat di Bremen.

Pembom tidak terbang sendiri tetapi merupakan bagian dari konvoi besar termasuk pejuang pengawal untuk memaksimalkan kerusakan.

Itu ditugaskan ke Purple Heart Corner (di tepi formasi), yang berbahaya karena menjadi sasaran empuk bagi pesawat tempur Jerman.

Benar saja, pasukan antipeluru Jerman menemukan mereka sebelum mereka melepaskan muatannya.

Hidung Plexiglas hancur saat peluru menghancurkan mesin nomor dua dan empat mereka, memaksa pembom jatuh dari formasi.

Semakin banyak pejuang Jerman terjun untuk membunuh, merusak mesin nomor tiga mereka, oksigen internal, dan mendatangkan malapetaka pada sistem hidrolik dan listrik.

Pesawat hampir tidak merespons kontrol, dan beberapa senjata macet.

Baca Juga: Kisah Pilot Hilliard Wilbanks, Terlahir untuk Terbang dan Bertarung, Tembakkan M16 dari Jendela Pesawat Cessna saat Perang Vietnam

Sebagian besar kru telah ditembak, termasuk Brown di bahu kanannya.

Sersan Hugh "Ecky" Eckenrode, penembak ekor, telah ditembak.

Meskipun terbang sebagai bagian dari skuadron, tidak ada bantuan yang tersedia.

Pesawat lain sibuk melawan Jerman atau melepaskan bom mereka ke arah sasaran.

Stigler sangat gembira. Dia telah menjatuhkan 27 pesawat musuh.

Yang dia butuhkan hanyalah tiga lagi untuk mendapatkan Knight's Cross yang didambakan.

Begitu pesawatnya diisi bahan bakar, dia lepas landas.

Saat dia semakin dekat dengan pembom yang terserang, dia ingat apa yang dikatakan Roedel kepadanya, "Jika saya melihat atau mendengar Anda menembaki seorang pria dengan parasut, saya akan menembak Anda sendiri!"

Stigler bisa melihat wajah orang-orang Amerika yang ketakutan dan terluka.

Baca Juga: Kisah Pilot Pesawat Tempur Angkatan Udara Kerajaan Inggris Termuda Saat Perang Dunia II, Meninggal di Usia 97 Tahun, Sempat Alami Rasa Takut Saat Pertama Kali Terbangkan Pesawat di Tengah Perang

Dalam wawancara selanjutnya, dia mengaku telah mendapatkan pencerahan; dia pikir itu pasti seperti apa kakaknya sebelum dia meninggal.

Saat radio pembom rusak, Stigler memberi isyarat kepada Brown untuk mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Jerman di mana mereka akan menerima perawatan medis sebagai tawanan perang.

Jika gagal, mereka bisa terbang ke tempat netral di Swedia, tapi Brown tidak mengerti.

Dia memerintahkan penembak menara di belakangnya untuk membidik Jerman, tetapi tidak menembak.

Stigler terbang di atas sayap kiri pembom untuk mencegah pejuang Jerman lainnya menembaki mereka, sehingga mempertaruhkan pengadilan militer karena pengkhianatan.

Setelah melewati pantai dan keluar dari wilayah udara Jerman, dia memberi hormat pada Brown dan kembali ke markasnya.

Brown dan krunya berhasil kembali ke Inggris dengan kehilangan hanya satu orang.

Dia melaporkan kejadian itu kepada atasannya yang menyuruhnya diam tentang hal itu.

Orang Jerman yang baik !? Buruk untuk moral!

Baca Juga: Kisah Pilot Terakhir yang Bertahan, Selamat dari 71 Misi, Tahanan Perang, dan Pilot Terakhir Agen Rahasia Perang Dunia II

Namun, Brown tidak pernah lupa. Begitu pula dengan Stigler yang sering bertanya-tanya apakah orang Amerika itu selamat.

Brown menghabiskan beberapa dekade berikutnya mencari Stigler, yang telah pindah ke Kanada.

Keduanya bertemu kembali pada 21 Juni 1990 di Seattle, Washington.

Brown tidak bisa berhenti berkata, "Terima kasih."

Stigler hanya bisa menjawab, "Aku menyayangimu, Charlie."

Baca Juga: Kisah Pilot ‘Wanita Burung’ Prancis Penerima Lisensi Terbang Wanita Pertama Di Dunia, Namun Ditolak Saat Ingin Bergabung dalam Perang Dunia I Karena Dianggap Berbahaya

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait