Find Us On Social Media :

Kisah Pilot Rusia yang Hilang Selama 31 Tahun dan Ditemukan Masih Hidup di Afghanistan Diduga Jadi Tawanan Perang Pemberontak, Benarkah Dia?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 9 April 2021 | 13:00 WIB

Tentara Rusia di Afghanistan

Intisari-Online.com – Seorang pilot Rusia yang hilang selama lebih dari 31 tahun diyakini telah ditemukan dalam keadaan hidup di Afghanistan.

Meski Rusia enggan mengkonfirmasi identitas pilot yang hilang ini, sumber percaya itu adalah Letnan Satu Sergey Pantelyuk, berasal dari Zernograd, Rusia.

Pada 1 Juni 2018, pejabat Amerika memberi tahu kedutaan Rusia di Kabul, Afghanistan, bahwa mereka telah menemukan seorang pria yang mereka yakini adalah pilot Rusia yang hilang pada tahun 1987.

Pada tahun 1980, Soviet Rusia mengirim militer mereka untuk berperang melawan pemberontak Islam yang mengancam akan menggulingkan pemerintah Afghanistan yang pro-Soviet.

Baca Juga: Kisah Pilot Hilliard Wilbanks, Terlahir untuk Terbang dan Bertarung, Tembakkan M16 dari Jendela Pesawat Cessna saat Perang Vietnam

Perang Rusia-Afghanistan bukanlah perang yang mudah bagi Rusia, dengan hampir 15.000 tentara tewas dan 50.000 lainnya terluka.

Ada 417 pria yang hilang saat beraksi, dan hanya 130 yang kemudian ditemukan dan dikembalikan ke Rusia.

Ada juga orang-orang yang diambil oleh para pemberontak sebagai tawanan perang.

Dipercaya sekitar 100 orang disandera atau mati.

Baca Juga: Lagaknya Gempur dengan Kekuatan Udara Penuh, Siapa Sangka Pasukan Amerika Pernah Dipecundangi Nazi Hanya dengan Senapan Darat Ini, Ratusan Pilot AS sampai Tewas Dibuatnya