Find Us On Social Media :

Di Luar Dugaan, Menurut Sains Ternyata Cara Terbaik untuk Menyeduh Teh adalah dengan Menggunakan Microwave

By Moh Habib Asyhad, Senin, 17 April 2017 | 15:15 WIB

Menyeduh teh ternyata lebih baik menggunakan microwave

Intisari-Online.com – Sejak dulu, microwave diketaui sebagai alat yang cukup kontroversial. Sejumlah pihak menganggap memanaskan makanan atau memasak makanan dengan microwave tidak baik untuk kesehatan.

(Baca juga: Tak Hanya Melarutkan Kadar Lemak, Teh Hijau Juga Bagus untuk Mencegah Kerusakan Gigi)

Namun, bagi Anda yang tidak anti dengan microwave, cobalah untuk membuat teh dengan alat ini.

Dengan menyeduh teh memakai microwave, rupanya kandungan kasein dan kafein dalam teh bisa keluar dengan lebih banyak. Karena itu, rasa yang dihasilkan pun jadi lebih enak. Cara memasak dengan microwave ini pun sederhana, sama seperti direbus dengan kompor.

Pertama, masukkan air panas ke dalam gelas. Masukkan teh celup dan letakkan gelas ini ke dalam microwave. Panaskan teh ini selama satu menit pada daya 500 watt. Setelah itu, tunggu dulu semenit dan celupkan teh naik-turun sebanyak 10 kali.

Sesudah melakukan semua langkah tadi, peras kantong teh dan keluarkan dari gelas. Teh Anda sekarang sudah bisa dinikmati.

Kasein sendiri adalah zat kimia yang bisa ditemukan pada semua jenis makanan. Kandungan ini dipercaya oleh beberapa ilmuwan bisa menyehatkan jantung (walau belum benar-benar terbukti).

(Baca juga: Dari Mulai Teh Hijau Hingga Jus Bawang Putih, Inilah 10 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

Sedangkan kafein jelas sudah terkenal dengan kemampuannya membuat otak lebih segar selama beberapa saat. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kadar kesegaran instan sesaat, mungkin teknik membuat teh dengan microwave ini tak ada salahnya dicoba.

Menurut Dr. Quan Xuong, peneliti dari University of Newcastle Australia, memang cara membuat teh dengan microwave ini bisa mengaktifkan zat-zat kasein dan kafein dengan lebih efektif pada teh.