Find Us On Social Media :

Dijuluki ‘Prajurit dengan Kapak’, Kisah Dmitry Romanovich Ovcharenko, ‘Rambo Rusia’ dari Perang Dunia II, Gunakan Kapak jadi Senjata Andalan, Sekali Tebas Puluhan Kepala Musuh Terpenggal

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 23 Maret 2022 | 10:00 WIB

Kiri: Dmitry Romanovich Ovcharenko, 'rambo Rusia', dan kanan: penggambaran dalam sebuah film.

Intisari-Online.com – Dalam setiap peperangan, meski berakibat kehancuran dalam segala hal, namun juga memunculkan ‘pahlawan’ baru dalam negara mereka yang berperang.

Selama Perang Patriotik Hebat, seperti Rusia dalam Perang Dunia Kedua, ada beberapa kesempatan ketika satu atau lebih tentara dari Tentara Merah meraih ‘kemustahilan’ dan menghancurkan penjajah fasis.

Padahal jumlah penjajah fasis itu sering kali lebih besar daripada jumlah mereka sendiri.

Kisah berikut ini salah satu kisah yang kemudian menjadi legenda.

Apa yang terjadi pada Dmitry Romanovich Ovcharenko, seorang tentara Soviet biasa, mungkin sulit diterima sebagai kebenaran.

Peristiwa ketika dia mengambil bagian aktif lebih seperti alur sebuah film daripada kenyataan, namun yang dilakukannya bukanlah cerita fiktif.

Pertama kali melihatnya, Dmitry Romanovich sama seperti prajurit lainnya, dengan pendidikan di lima kelas.

Dia dilahirkan dalam keluarga seorang tukang kayu di desa Ovcharovo, provinsi Kharkov.

Baca Juga: Dengan Jantan Minta Dibombardir oleh Angkatan Udaranya Sendiri, Inilah Alexander Prokhorenko, 'Rambo Rusia' yang Sangat Dihormati Putin, Ini Alasan di Balik Keputusannya

 Baca Juga: Jadikan Ukraina Sebagai Batu Loncatan, Inilah Negara Selanjutnya yang Sangat Ingin Digempur Vladimir Putin, 'Perang Baru Saja Dimulai!'

Sebelum perang, dia bekerja di pertanian kolektif.

Mark Kolosov, seorang penulis Rusia, dalam bukunya yang berjudul People and Exploits, menggambarkan kisah Dmitry Romanovich Ovcharenko, seperti ini: