Find Us On Social Media :

Tidak Pernah Dijajah Bangsa Barat, Ternyata Thailand Ternyata Juga 'Diracuni' Ideologi Komunisme yang Sampai Buat AS Bantai Ribuan Warga Thailand Demi Kukuhkan Kekuasaannya

By May N, Senin, 14 Februari 2022 | 16:20 WIB

Pasukan Komunis di Thailand, Oktober 1978

Intisari - Online.com - Thailand menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang disebut tidak pernah dijajah oleh bangsa Barat.

Sebagian besar orang mulai bertanya, lantas dari mana Thailand membangun kebudayaannya?

Kondisi tidak pernah dijajah ini juga membuat sedikit dari bangsa Thailand yang bisa berbahasa Inggris maupun bahasa asing lain.

Namun apakah benar jika Thailand benar-benar tidak pernah dijajah?

Ternyata, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar.

Pengaruh negara lain juga telah lahir di Thailand ketika negara-negara di Asia Tenggara menjadi negara jajahan.

Perang Dunia I dan II mengubah seluruh lanskap kondisi di Asia Tenggara, tidak terkecuali Thailand.

Abad ke-20 telah menyaksikan berbagai kebangkitan dan transformasi, ada pertengangan hebat mempertaruhkan kekuatan kolonial di 1900-an yang dikuasai oleh negara-negara berkuasa di Eropa, yang kemudian jatuh dan secara cepat mempengaruhi terjadinya Perang Dunia I dan II.

Baca Juga: Jika Biasanya Dirayakan Dengan Kembang Api dan Bersuka Cita, Siapa Sangka di Negara Ini Imlek Malah Dirayakan Bak Orang Mati, Tidur Di Peti Mati Seperti Orang Siap Dimakamkan, Ini Tujuannya

Baca Juga: China Tawarkan Kapal Selam, Amerika Sodorkan Jet Tempur Siluman untuk Negara Tetangga yang Jadi Kontes Perang Dingin China-AS Ini, Medan Perang Baru Selain Laut China Selatan?

Secara terus-terusan, konflik ideologi besar-besaran muncul dan akhirnya mendomindasi beberapa negara sebagai Komunisme lahir pertama di Rusia, kemudian China, dan ke sepanjang bekas dunia kolonial yang dijaga oleh Uni Soviet dan Partai Komunis China.

Perang Dingin dan waktu ketika perang itu menjadi panas seperti di Korea dan Vietnam, memiliki pengaruh kuat pada sistem internasional.