Find Us On Social Media :

China Tawarkan Kapal Selam, Amerika Sodorkan Jet Tempur Siluman untuk Negara Tetangga yang Jadi Kontes Perang Dingin China-AS Ini, Medan Perang Baru Selain Laut China Selatan?

By May N, Selasa, 1 Februari 2022 | 13:51 WIB

Gambar satelit dari Sungai Mekong di perbatasan Nakhon Pathom-Laos diambil pada Minggu (3/1/2021) gambar kiri, dan Minggu (7/2/2021) kanan.

Intisari - Online.com - Tidak dipungkiri sepanjang Sungai Mekong, pengaruh China sudah tampak menjamur.

Bangunan-bangunan tinggi dan mewah China menyebar di sisi perbatasan sepi utara Laos, menunjukkan harapan dan ketakutan mengenai pengaruh Beijing dan niat mereka di Thailand.

Namun, tidak akan ada pengaruh China tanpa Amerika Serikat (AS) yang ikut campur juga di dalamnya.

Melansir Asia Times, Central Intelligence Agency (CIA) melalui kepalanya baru-baru ini mengunjungi Bangkok di tengah gencaran tawaran militer AS khusus kepada Thailand.

Kunjungan ini bisa saja membuat Thailand kembali kepada AS dan menjauh dari China di masa depan.

Namun permusuhan mereka kian memanas.

"Thailand telah condong ke China dan jauh dari AS selama dua puluh tahun," ujar Benjamin Zawacki, penulis Amerika di Bangkok yang menulis Thailand: Shifting Ground Between the US and a Rising China.

"Dalam urusan militer, hubungan dengan AS sudah pasti lebih dalam tapi jaraknya menutup dengan pelan," ujar Zawacki dilansir dari Asia Times.

Baca Juga: Cara 'Licik' China Memberi 'Jebakan Utang' Tanpa Tercatat di Rekening Resmi Pemerintah, hingga Laos yang Pernah Diambang Kebangkrutan Terpaksa Jual Aset Utamanya ke Tiongkok

Baca Juga: Dimulai dari Laos, Jebakan Utang China Lewat Jalur Kereta Ini Terancam Akan Berakhir di Laos Tanpa Ada Kepastian Bisa Menyebar ke Negara Asia Tenggara Lainnya, Karma untuk China?

Banyak warga Thailand merayakan leluhur China yang sudah ada lebih dari 700 tahun yang lalu, kontras dengan hukuman dan pembantaian yang mereka alami di Thailand selama pembersihan komunis yang dipimpin oleh AS pada pertengahan abad ke-20.

Sekolah-sekolah China, koran-koran dan fasilitas lain di Thailand dipaksa ditutup selama bertahun-rahun rasisme dan perlawanan politik, di tengah tuduhan ketidaksetiaan dan pemberontakan.