Find Us On Social Media :

Pantesan Afrika Selatan Jadi Sumber Varian Baru Covid-19 yang Dikhawatirkan WHO, Ternyata Satu Inang Manusia di Afrika Selatan Bisa Jadi Rumah 30 Mutasi Virus Corona Karena Hal Ini!

By May N, Sabtu, 27 November 2021 | 18:08 WIB

Ilustrasi HIV/AIDS

Intisari - Online.com - Varian baru Covid-19 telah diidentifikasi di Afrika Selatan, dengan pejabat di sana mengatakan varian ini sangat mengkhawatirkan.

Varian baru, yang awalnya dinamakan B.1.1.529, dinamakan Omicron oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian ini tergolong variant of concern karena membawa jumlah mutasi yang tinggi di protein puncaknya.

Protein puncak ini merupakan kunci bagi virus untuk memasuki tubuh manusia, yang juga ditarget oleh vaksin.

Baca Juga: Lahir dari 'Persilangan' HIV/AIDS dengan Covid-19 Varian Delta, Inilah Varian Omicron yang Jadi Variant of Concern Baru, Jumlah Mutasinya Bikin Berharap Tidak Akan Terinfeksi Selamanya

Jika ada mutasi yang banyak dalam satu varian, maka sistem imunitas tubuh akan kesulitan menangkal.

Kehadirannya yang pertama kali dideteksi di Afrika Selatan menjadikan banyak pakar berspekulasi tentang asal-usul varian ini.

Banyak pihak mengarah kepada satu spekulasi sejauh ini, yaitu varian ini merupakan hasil evolusi selama infeksi kronis dari orang dengan kondisi imun lemah, kemungkinan adalah dari pasien HIV/AIDS yang tidak dirawat.

Varian Beta, mutasi yang diidentifikasi tahun lalu di Afrika Selatan, juga berasal dari seorang pasien HIV.

Baca Juga: Muncul Varian Baru Covid-19 hingga Berbagai Negara Blokir Penerbangan dari Afrika Selatan, Sudah di Negara Mana Saja Kasus Varian B.1.1.529 Ini Ditemukan?