Find Us On Social Media :

Lahir dari 'Persilangan' HIV/AIDS dengan Covid-19 Varian Delta, Inilah Varian Omicron yang Jadi Variant of Concern Baru, Jumlah Mutasinya Bikin Berharap Tidak Akan Terinfeksi Selamanya

By May N, Sabtu, 27 November 2021 | 14:56 WIB

Varian COVID-19 Baru Omicron

Intisari - Online.com - Jumat 26/11/2021, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan hadirnya variant of concern (VOC) baru dari virus Corona, yaitu varian Omicron.

Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang varian baru yang memang harus dikhawatirkan ini, melansir The Guardian.

Nama Omicron

Varian awalnya disebut sebagai B.1.1.529, tapi Jumat kemarin WHO menggantinya dengan Omicron dan dinyatakan sebagai variant of concern karena mutasinya yang "mengkhawatirkan" dan "bukti awal menunjukkan risiko meningkat dari infeksi ulang dengan varian ini".

Baca Juga: Gawat, Dunia Kembali Terancam dengan Varian Baru Virus Corona Bernama Omicron, Benarkah Varian Ini Bakal Lebih Berbahaya dari Varian Delta hingga Vaksin Tidak Mempan?

Perlu diingat, sistem WHO menamakan varian Covid-19 dengan huruf-huruf Yunani, untuk menyediakan label yang tidak menyeramkan bagi penduduk dunia.

Menurut abjad Yunani, Omicron merupakan abjad kelima belas dari abjad Yunani.

Di mana dideteksi pertama kali

Varian B.1.1.529 pertama kali diidentifikasi pada Selasa dan dianggap mengkhawatirkan karena jumlah mutasi yang sangat tinggi.

Baca Juga: Selain Sebabkan Kekebalan Menurun, Beginilah Dampak Mengerikan dari Varian Baru Covid-19 dari Afrika Selatan, Lebih Ganas dari Varian Delta?