Find Us On Social Media :

Muncul Varian Baru Covid-19 hingga Berbagai Negara Blokir Penerbangan dari Afrika Selatan, Sudah di Negara Mana Saja Kasus Varian B.1.1.529 Ini Ditemukan?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 27 November 2021 | 14:50 WIB

(Ilustrasi) Pandemi Covid-19

Inisari-Online.com - Banyak negara mulai memperketat pembatasan perjalanan setelah ditemukan varian baru Covid-19 dari Bostwana, Afrika Selatan pada awal pekan ini.

Uni Eropa mengusulkan untuk memblokir penerbangan dari wilayah di seluruh Afrika bagian selatan, seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (26/11/2021).

Inggris, Singapura, dan Jepang, adalah di antara sejumlah negara yang bertindak cepat memberlakukan karantina yang lebih ketat dan memblokir penerbangan dari Afrika Selatan dan negara tetangga.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan akan memakan waktu beberapa pekan untuk memahami dampak varian baru, karena para ilmuwan bekerja untuk menentukan seberapa menularnya. 

Baca Juga: Dulu Jadi Biang Kerok Covid-19 Jilid 2 Merajalela di Dunia, India Malah Disebut-sebut Mustahil Alami Gelombang Ketiga, Peneliti Bongkar Alasan Ini

Para ilmuwan masih mempelajari tentang varian baru Covid-19 dari Afrika Selatan tersebut, tetapi mengatakan bahwa itu sangat mengkhawatirkannya. 

Meski masih mempelajari mutasi virus tersebut, varian baru Covid-19 disebut sangat berbeda dengan lainya yang muncul selama ini.

Para ilmuwan mengatakan varian baru Covid-19 adalah versi yang paling banyak bermutasi, yang berarti vaksin, yang dirancang menggunakan strain Covid-19 asli dari Wuhan, mungkin tidak terlalu efektif lagi.

Varian baru Covid-19 ini belum diberi nama yang lebih mudah diingat, seperti Delta atau Beta, dan sekarang dikenal sebagai B.1.1.529.

Baca Juga: Semakin Terlihat Tanda-Tanda Pandemi Segera Berakhir, Tak Melulu Andalkan Vaksin WHO Setujui Terobosan Baru Untuk Melawan Covid-19 dengan Teknologi Ini