Find Us On Social Media :

Mari Sungkem Sama Ibu-ibu dan Emak-emak yang Berhasil Selamatkan Ekonomi Indonesia di Tengah Covid-19! Presiden Jokowi Janjikan Ini untuk Mereka, Akankah Diwujudkan?

By May N, Minggu, 21 November 2021 | 16:36 WIB

Indonesia jadi Presidensi KTT G20 2022, Jokowi dukung UMKM dan pemberdayaan perempuan.

Intisari - Online.com - Dalam langkahnya yang selalu percaya diri, Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi, sesumbar kepada negara-negara pemimpin G20 dalam pertemuan terbaru di Roma.

Jokowi sesumbar ekonomi Indonesia tetap selamat menghadapi Covid-19, atas bantuan 65 juta usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Menghasilkan 61 persen output ekonomi Indonesia tahun 2020 kemarin, Jokowi mengatakan kepada para hadirin jika hampir dua pertiga UMKM tersebut dijalankan oleh para wanita.

Kini, Jokowi memiliki rencana memperkuat mereka melalui akses lebih besar ke bantuan finansial dan pinjaman bisnis.

Baca Juga: Bahas Keberlanjutan Program Bansos dalam FMB 9, KPCPEN Beri Harapan bagi Pelaku UMKM

Mengutip Lowy Institute, paparan Jokowi yang menunjukkan sedikit tentang mikorekonomi dan janji penguatan perempuan, ternyata ditujukan untuk membuat citra baik bagi Indonesia di forum internasional.

Namun jika diperhatikan lebih dekat apakah penggambaran ini sesuai dengan penggambaran UMKM Indonesia?

Artikel yang ditulis Johannes Nugroho di Lowy Institute itu mengklaim jika UMKM membentuk tulang punggung untuk ekonomi Indonesia, dan hal ini adalah fakta.

Sensus 2016 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menemukan jika 99% dari pebisnis di Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai UMKM.

Baca Juga: PON Papua Sudah Dibuka Walaupun OPM Masih Berkeliaran, Papua dan Indonesia Jadi Sorotan Media-media Asing, Seberapa Untung UMKM Papua?