Find Us On Social Media :

Punya Segelintir Masalah Hingga Jadi Rebutan China, Negeri Jiran Sesumbar Beberkan Natuna Sebenarnya Adalah Milik Malaysia Bukan Indonesia, Sambil Sodorkan Bukti Ini

By May N, Sabtu, 6 November 2021 | 09:44 WIB

Sengketa Pedra Branca, tiga pulau timbulan yang salah satunya jika tidak segera diamankan Indonesia akan menjadi celah Malaysia merebut kedaulatan negara

Intisari - Online.com - Sudah jadi rahasia umum jika pulau Natuna dan perairannya menjadi sengketa antara Indonesia dan China.

Namun ternyata konflik atas Natuna tidak hanya antara Indonesia dan China.

Awal tahun 2021 lalu, Beni Sukadis, Peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi), menerbitkan opini di The Diplomat yang menyebut ada sengketa Indonesia dan Malaysia atas Natuna.

Hal ini terkait klaim teritori antara dua negara di perairan yang kaya akan sumber daya alam yang juga penting untuk navigasi internasional.

Baca Juga: Media Hongkong Sampai Keheranan, Biasanya Mencak-mencak Jika Diusik China, Indonesia Terungkap Diam Saja Saat Wilayah Lautnya Dipepet Kapal China, Begini Kronologinya dan Sebabnya

Salah satu isu yang penting dilindungi oleh Indonesia agar kedaulatannya terlindungi adalah Karang Singa dan perairan di sekitarnya.

Karang Singa atau Carter Rif atau Carter Shoal adalah karang kecil yang terletak di teritori perairan Indonesia.

Posisinya berada di sebelah utara Pulau Bintan di Selat Singapura, berada tidak jauh dari ketinggian air surut yang disengketakan di South Ledge.

South Ledge sendiri diklaim oleh Singapura dan Malaysia.

Baca Juga: Setahun yang Lalu Sebut Ingin Perkuat Kedaulatan Natuna, Indonesia Dibilang Plinplan Setelah 'Melempem' Biarkan Kapal Raksasa China Ini Berkeliaran Langgar ZEE Indonesia Hampir Seminggu!