Find Us On Social Media :

Peta Laut China Selatan Diungkapkan oleh China sebagai Wilayah yang Bakal Dikuasainya Secara Sepihak, Ternyata Ada Wilayah Indonesia Ini di Dalamnya

By Khaerunisa, Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:10 WIB

Ilustrasi China

Intisari-Online.com - Sengketa Laut China Selatan telah menjadi salah satu konflik yang dikhawatirkan memicu perang di antara berbagai negara di dunia.

Ketegangan terus tercipta, terutama di antara China dan negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Selain itu, klaim China atas hampir seluruh Laut China Selatan juga mendapat kecaman dari berbagai negara.

China sendiri merupakan negara adidaya, dengan anggaran pertahanan terbesar kedua, kemudian angkatan laut terbesar di dunia, juga terdepan dalam pengembangan teknologi pengganggu baru.

Baca Juga: Lagi-Lagi Kelakukan China Dibongkar Citra Stelit, Pantes Bisa Terus-Terusan Kirim Pesawat Tempur Untuk Ganggu Taiwan, Terkuak Inilah Deretan Senajata yang Dibawa China di Pangkalan Dekat Taiwan

Semua itu sangat penting bagi negara lain karena dapat berdampak pada keamanan nasional dan internasional. Itulah sebabnya NATO harus menanggapi meningkatnya ancaman yang ditimbulkan China.

Melansir express.co.uk (6/10/2021), Laut Cina Selatan adalah laut marginal yang terletak di Samudra Pasifik Barat.

Laut ini dibatasi di utara oleh pantai Cina Selatan, Semenanjung Indochina di barat, Kepulauan Taiwan dan Filipina barat laut di timur dan Kalimantan, Sumatra timur, dan Kepulauan Bangka Belitung di selatan.

Perairan ini juga sangat penting untuk perkembangan ekonomi dan geostrategis, karena membawa lebih dari $3 triliun setiap tahun dalam perdagangan.