Find Us On Social Media :

Lolos dari Lubang Buaya pada Peristiwa G30S/PKI, Ialah Suktiman si Agen Polisi, 'Pokoknya, Saya Pasrah Kepada Tuhan Sambil Berdoa'

By May N, Jumat, 1 Oktober 2021 | 14:26 WIB

Alm. Soekitman, agen polisi yang menjadi saksi peristiwa G30S/PKI. Sampai akhir hayatnya bersyukur selamat dari peristiwa tersebut

Intisari-Online.com - G30S/PKI menyisakan catatan kelam dalam sejarah bangsa Indonesia.

Namun tidak semua korban G30S/PKI meninggal dengan sia-sia.

Ada saksi sejarah yang berhasil hidup dan menceritakan kepada kita pengalamannya.

Seperti kisah yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi September 1992 berjudul 'Yang Lolos dari Lubang Buaya' hasil wawancara mendalam wartawan Intisari LR Supriyapto Yahya dan Anglingsari Saptono.

Baca Juga: Menguak Ulah CIA yang Disebut-sebut Ikut Campur dalam Peristiwa G30S, Benarkan Organisasi Rahasia Amerika Ini Ikut Campur Masalah di Indonesia Ini?

Malam baru saja lewat, sementara matahari pagi pun belum terjaga dari peraduannya, karena waktu itu memang baru pukul 03.00.

Tanggal terakhir pada bulan September baru berganti dengan tanggal 1 Oktober 1965. Jakarta dan penduduknya masih terhanyut dalam sepenggal mimpinya.

Namun, Sukitman (49) yang waktu itu berpangkat Agen Polisi Dua tidak ikut terhanyut dalam buaian mimpi.

la harus menjalankan tugasnya di Seksi Vm Kebayoran Baru (sekarang Kores 704) yang berlokasi di Wisma AURI di Jl. Iskandarsyah, Jakarta, bersama Sutarso yang berpangkat sama.

Baca Juga: Kuasai Kantor Berita RRI Kurang dari Sehari saat Gerakan 30 September, Apa Saja yang Dilakukan PKI saat Kuasai RRI?