Find Us On Social Media :

Laporan Rahasia Sebut CIA Ikut Campur dalam G30S/PKI, Ternyata CIA Akui Lakukan Kudeta Licik di 7 Pemerintahan Ini, Demi Jadikan 'Boneka' Mereka Sebagai Kepala Negara

By May N, Kamis, 30 September 2021 | 16:58 WIB

Mohammad Mossadegh

Intisari-online.com - Masih teringat jelas era Perdana Menteri Iran Muhammad Mossadegh diturunkan setelah jenderal AS terbang ke Iran dan bertemu dengan beberapa orang penting di Iran.

Saat militer Iran ragu, jutaan dolar segera dikirim ke Teheran untuk membeli pendukung Mossadegh dan biayai protes jalanan.

Militer Iran kala itu sudah tahu jika keseimbangan kekuatan telah berganti, kemudian menangkap perdana menteri, yang akan hidup seumur hidupnya menjadi tahanan rumah.

Itu merupakan salah satu sejarah CIA dalam lakukan kudeta licik di Iran.

Baca Juga: Menyingkap Peristiwa Bersejarah G30S 1965, Beragam Versi Dalang Peristiwa: PKI, CIA, Kudeta Merangkak oleh Soeharto atau Soekarno?

Namun, rupanya kudeta mengerikan itu tidak hanya terjadi di Iran saja.

Beberapa pemimpin negara, baik diktator dan pemimpin negara demokrasi, ditangkap di tengah Perang Dingin AS dan Uni Soviet.

Posisi mereka terancam, bahkan hidup mereka pun dalam bahaya.

Pasalnya, CIA terbukti mencoba memasang "boneka" sebagai kepala negara.

Baca Juga: 5 Kudeta Terkenal Bersejarah dari Napolen Bonaparte hingga Perwira Militer Augusto Pinochet, Bagaimana Cara Mereka Merebut Tahta?