Find Us On Social Media :

Tertangkap Kamera, China Terang-terangan Gelar Latihan Militer Lagi di Paracel, 'Jangan Ganggu Kami Latihan!', Sungguh Serakah!

By Maymunah Nasution, Rabu, 30 September 2020 | 15:33 WIB

Karang Subi (Subi Reef), salah satu pulau yang ingin direbut China di Laut China Selatan

Intisari-online.com - China melakukan latihan militer di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan pada Senin (28/9).

Ini kali ketiga mereka menggelar latihan di daerah tersebut tahun ini.

Mengutip China South Morning Post, Badan Keselamatan Maritim China mengeluarkan dua pemberitahuan pada Sabtu (26/9) yang mengumumkan dua zona larangan bepergian di dekat Kepulauan Paracel, dari jam 7 pagi hingga 3 sore, karena ada latihan militer.

Kepulauan Paracel, yang dikenal sebagai Kepulauan Xisha dalam bahasa China, telah diduduki oleh Tiongkok sejak 1974 tetapi juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam.

Baca Juga: Kalah Telak dari Segi Jumlah, Mengungkap Jumlah Kapal Perang Kuat yang Ingin Dimiliki AS untuk 'Menghancurkan' Angkatan Laut China

Meskipun pemberitahuan tidak memberikan perincian latihan militer tersebut, sumber China South Morning Post yang dekat dengan militer China mengatakan, itu adalah latihan tembak-menembak.

Dua latihan militer terakhir China di kawasan Kepulauan Paracel pada 1 Juli dan 18 Juni lalu mendapat respons kuat dari Vietnam dan Amerika Serikat (AS).

Hanoi mengatakan pada Juli lalu, latihan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah melanggar kedaulatan Vietnam.

Dan, Washington menyatakan pada saat itu, latihan militer China semakin mengguncang kawasan itu.

Baca Juga: Gertakan Amerika Tak Ada Artinya, China Malah Makin Menggila 250 Kapalnya Percaya Diri Nyelonong di Wilayah Perairan Amerika, China: Kami Sedang Melindungi Laut