Find Us On Social Media :

Kalah Telak dari Segi Jumlah, Mengungkap Jumlah Kapal Perang Kuat yang Ingin Dimiliki AS untuk 'Menghancurkan' Angkatan Laut China

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 28 September 2020 | 08:28 WIB

Armada kapal perang AS

Intisari-Online.com - Angkatan Laut AS ingin memperluas armada kapal perangnya menjadi 534, jauh melebihi ambisi awal 355 kapal, termasuk kapal perang tak berawak.

Pentagon ingin merestrukturisasi armada kapal perangnya, secara signifikan memperluas kekuatan angkatan lautnya di masa depan, Defense News melaporkan, mengutip sumber yang terpapar pada penilaian rencana pengembangan Angkatan Laut AS.

Berdasarkan rencana tersebut, Angkatan Laut AS ke depan akan fokus berinvestasi pada armada dengan jumlah kapal perang yang lebih banyak, termasuk kapal-kapal besar, namun jumlah kapal induk akan berkurang.

Kapal Angkatan Laut AS di masa depan tidak akan berawak atau opsional, tetapi jumlah awak kapal akan berkurang secara signifikan.

Baca Juga: Selalu Dituduh Langgar HAM Warga Xinjiang dan Muslim Uighur, Xi Jinping Tanggapi Terlalu Santai: Kami Perlu Mendidik Penduduk Xinjiang Tentang Bangsa China

Armada kapal perang AS masa depan akan sangat besar, dari 480 menjadi 534, naik 35% dari target semula 355 kapal.

Saat ini, Angkatan Laut AS melayani 293 kapal dari semua jenis, termasuk kapal selam dan kapal permukaan.

"Cara tercepat untuk membangun armada yang lebih besar dalam waktu singkat adalah dengan menargetkan kapal perang yang membutuhkan lebih sedikit awak dan bahkan dapat beroperasi tanpa awak, dalam beberapa kasus tertentu," Kata Mark Esper Menteri Pertahanan AS.

Minggu lalu, Esper menyebutkan strategi baru untuk menghadapi kebangkitan angkatan laut China.

Baca Juga: Covid Hari Ini 28 September 2020: Ini Dia Berbagai Klaim Soal Obat dan Cara Deteksi Covid-19, Mana yang Benar?