Find Us On Social Media :

Jalankan Misi Rahasia di Laut China Selatan untuk Pantau Beijing, Terungkap Empat Mata-mata CIA Justru Alami Peristiwa Nahas Ini

By Khaerunisa, Minggu, 27 September 2020 | 21:03 WIB

Ilustrasi kegiatan pembagunan China di Laut China Selatan

 

Intisari-Online.com - Sengketa Laut China Selatan melibatkan banyak negara, bahkan bukan hanya China dan negara-negara yang berbatasan langsung dengan wilayah perairan tersebut.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang aktif terlibat dalam sengketa Laut China Selatan.

Seiring memanasnya sengketa di Laut China Selatan, ada saja peristiwa yang terjadi di wilayah perairan tersebut.

Baru-baru ini terungkap empat petugas CIA dikabarkan tenggelam selama misi rahasia di Laut China Selatan, meski menurut laporan misi tersebut tidak memiliki hubungan resmi dengan Amerika.

Baca Juga: Bikin Auto Keheranan, Wilayah Laut Saja Tidak Punya, Negara-negara Ini Justru Punya Angkatan Laut, Mau Bertugas Di Mana?

Para petugas CIA itu mulai melakukan misi rahasianya pada tahun 2008 lalu.

Melansir Express.co.uk (24/9/2020), Empat petugas paramiliter CIA tenggelam selama misi rahasia untuk menanam pod pelacak bawah air di Laut Cina Selatan.

Mereka diperkirakan mencoba menempatkan alat pelacak, yang disamarkan sebagai batu, di lepas pulau Luzon Filipina pada tahun 2008 dalam upaya untuk melacak militer China di wilayah yang disengketakan tersebut.

Misi tersebut dilakukan lima tahun sebelum Beijing mulai membangun bunker militer di beberapa atol di wilayah tersebut, yang telah menyebabkan ketegangan baru-baru ini dengan AS.