Find Us On Social Media :

8 Makanan Khas Israel, Dipengaruhi oleh Gaya Masakan Arab dan Yahudi Diaspora, Ada yang Hanya Dikonsumsi pada Hari Sabat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 12 Mei 2021 | 09:25 WIB

Makanan khas Israel

Intisari-Online.com – Makanan khas Israel terdiri dari hidangan lokal dan hidangan yang dibawa ke Israel oleh orang Yahudi dari Disapora.

Sejak sebelum berdirinya Negara Israel pada tahun 1948, dan khususnya sejak akhir 1970-an, masakan fusi Yahudi Israel telah berkembang.

Masakan Israel telah mengadopsi, dan terus menyesuaikan, unsur-unsur dari berbagai gaya masakan Arab dan masakan Yahudi diaspora, khususnya gaya memasak Mizrahi, Sephardic, dan Ashkenazi.

Dikutip dari Wikipedia, ini menggabungkan banyak makanan yang secara tradisional termasuk dari masakan Timur Tengah dan Mediterania lainnya, sehingga rempah-rempah seperti za’atar dan makanan seperti falafel, hummus, msabbha, shakshouka, dan couscous menjadi sangat poepuler di Israel.

Baca Juga: Makanan Khas Timor Leste, Banyak Dipengaruhi Portugis dan Asia Tenggara, Salah Satunya Mirip dengan Ketupat di Indonesia

Pengaruh lain pada masakan adalah ketersediaan makanan yang umum di wilayah Mediterania, terutama jenis buah dan sayuran tertentu, produk susu dan ikan; tradisi menjaga halal; dan kebiasaan makanan dan tradisi khusus untuk Shabbat dan hari libur Yahudi yang berbeda, seperti challah, jachnun, malawach, ikan gefilte, hamin, me'orav yerushalmi dan sufganiyot.

Hidangan baru berdasarkan produk pertanian seperti jeruk, alpukat, produk susu dan ikan, dan lainnya berdasarkan tren dunia telah diperkenalkan selama bertahun-tahun, dan koki yang terlatih di luar negeri telah membawa elemen masakan internasional lainnya.

Berikut ini 10 hidangan Israel paling populer di negaranya:

Baca Juga: Inilah 10 Makanan Khas Palestina Paling Populer yang Banyak Dipengaruhi Mesir dan Israel, Namun Anda Bisa Temukan Salah Satu Bahan Utamanya di Indonesia