Find Us On Social Media :

Hipertensi Kini Mengintai Anak Muda, Ketahui Cara Menanganinya, Salah Satunya dengan Memaksimalkan Manfaat Labu Siam untuk Hipertensi

By Khaerunisa, Jumat, 14 Februari 2020 | 09:15 WIB

Labu siam

Intisari-Online.com - Hipertensi kini mengintai anak muda, ketahui cara menanganinya, salah satunya dengan memaksimalkan Mmnfaat labu siam untuk hipertensi

Dulu, mendengar kata 'hipertensi' mungkin akan muncul di benak kita bahwa penyakit tersebut adalah penyakit yang sering dialami oleh orang tua atau lanjut usia.

Namun kini penyakit yang menjadi salah satu faktor resiko utama dari angka mortalitas (kematian) yang tinggi di dunia ini juga mengintai anak-anak muda.

Memang resiko hipertensi akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Meski begitu, rupanya anak muda tidak terhindar dari bahayanya.

Baca Juga: Jangan Sampai Terjadi Komplikasi, Ini 6 Cara Tangani Hipertensi yang Tepat, Salah Satunya Kurangi Makan Garam

Melansir Kompas.com (01/11/2018), Di Amerika Serikat, kurang lebih 20% orang dewasa muda usia 18-30 tahun yang beresiko penyakit jantung koroner lebih dulu memiliki hipertensi.

Sementara itu di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa dari 25,8 persen total kasus hipertensi nasional ternyata 5,3% di antaranya dipegang oleh anak remaja berusia 15-17 tahun.

Selain itu, Prof Dr dr Partini Pudjiastuti SpA(K) M (Paed), Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jakarta, Rabu (18/12/2019), menuturkan berdasarkan studi populasi anak dan remaja berusia 8-17 tahun menunjukkan peningkatan kejadian hipertensi.

Peningkatan tersebut yaitu sebesar 38 persen dibanding dengan data dua dekade sebelumnya.