Intisari - Online.com -Konsekuensi ekonomi muncul akibat serangan Rusia ke Ukraina yang tidak hanya merugikan dua negara saja tapi juga seluruh dunia.
Serangan Rusia ke Ukraina membuat rantai pasokan sejumlah komoditas penting ke sejumlah negara terganggu.
Lebih-lebih karena Rusia dan Ukraina merupakan dua negara pemasok utama bahan mentah dan energi.
Melansir Kompas.id, pengamat Manajemen Rantai Pasokan di Liverpool, John Moores University, Sarah Schiffling, serta pengamat logistik di Technological University Dublin, Nikolaos Valantasis Kanellos, menulis di The Conversation mengenai dampak perang Rusia-Ukraina terhadap lima komoditas di dunia.
Akan ada lima komoditas penting yang dikhawatirkan menghadapi kendala di masa depan.
Pangan
Harga pangan dunia sudah naik tajam selama 2021.
Ini linier dengan harga sumber energi yang lebih tinggi dan pengaruh perubahan iklim.
Produsen makanan kemungkinan akan lebih tertekan karena harga bahan makanan naik.
Rusia dan Ukraina sama-sama menyumbang sekitar seperempat ekspor gandum dunia.
Ukraina menyumbang hampir setengah dari ekspor minyak bunga matahari.
Gandum dan minyak bunga matahari merupakan komoditas utama yang digunakan dalam banyak produk makanan.
Jika panen dan pemrosesan terhambat di Ukraina, atau misalnya ekspor diblokir, para importir terpaksa harus berjuang mencari sumber pasokan lain.
Persoalannya, mencari sumber lain yang bisa menutupi pasokan Rusia dan Ukraina sangat sulit dilakukan.
Sebab, banyak negara sangat bergantung pada gandum dari Rusia dan Ukraina.
Contohnya, antara lain, Turki dan Mesir.
Impor gandum kedua negara ini dari Rusia dan Ukraina mencapai hampir 70 persen.
Ukraina juga merupakan pemasok utama komoditas jagung ke China.
Harapan kini jatuh kepada China, karena China berencana mengimpor gandum dari Rusia.
Transportasi
Dengan transportasi dunia yang terganggu selama pandemi, konflik Rusia-Ukraina bisa memicu persoalan lain.
Ini terutama merujuk pada gangguan pada moda transportasi kereta dan pelayaran laut.
Sejak 2011, angkutan kereta api reguler yang menguhubungkan China dan Eropa sudah dibangun.
Saat ini, sudah ada 50 perjalanan.
Meski hanya membawa sebagian kecil dari total pengiriman antara Asia dan Eropa, kereta tetap berperan penting.
Kini, transportasi kereta sedang dialihkan dari Ukraina agar dampaknya bisa dimininalkan.
Namun, ini pun tidak mudah karena negara-negara sekitar Ukraina, seperti Lituania, memperkirakan bahwa lalu lintas kereta mereka pun sangat terdampak berbagai sanksi yang diterapkan AS dan sekutu terhadap Rusia.
Untuk pelayaran, sebelum hari pertama serangan Rusia saja, pemilik kapal sudah mulai menghindari rute pelayaran Laut Hitam.
Pengiriman peti kemas di Laut Hitam adalah pasar yang terhitung kecil dalam skala global.
Salah satu terminal peti kemas terbesar di kawasan Laut Hitam ialah di Odessa, salah satu kota di Ukraina Selatan.
Jika kegiatan di pelabuhan Odessa dihentikan oleh pasukan Rusia, efeknya pada impor-ekspor Ukraina akan sangat besar dan konsekuensi kemanusiaannya mengkhawatirkan.
Kenaikan harga minyak karena perang menjadi persoalan besar dalam pengiriman.
Tarif angkutan sudah sangat tinggi dan bisa naik lebih tinggi lagi.
Ada juga kekhawatiran serangan siber akan menyerang rantai pasok dunia karena perdagangan bergantung pada pertukaran informasi daring.
Jika pelayaran atau infrastruktur utama menjadi sasaran, konsekuensinya lebih parah.
Dampak serangan siber pada rantai pasokan akan sangat besar.
Logam
Nikel, tembaga, dan besi dihasilkan di Rusia dan Ukraina, kedua negara itu selama ini jadi produsen utama logam di dunia.
Mereka juga sebagian besar terlibat dalam ekspor dan pembuatan bahan baku penting lainnya, seperti neon, paladium, dan platinum.
Kekhawatiran sanksi terhadap Rusia menbuat harga logam naik.
Harga paladium, misalnya, naik hampir 2.700 dollar Amerika Serikat per ons, naik lebih dari 80 persen sejak pertengahan Desember lalu.
Paladium digunakan untuk segala hal, mulai dari sistem pembuangan otomotif dan ponsel hingga tambalan gigi.
Harga nikel dan tembaga, yang masing-masing digunakan untuk manufaktur dan bangunan, juga melonjak.
Hal ini berdampak pada industri aviasi atau penerbangan AS, Eropa, dan Inggris yang bergantung pada pasokan titanium dari Rusia.
Perusahaan Boeing dan Airbus saat ini sudah mulai mendekati pemasok alternatif.
Namun, pangsa pasar dan basis produk pemasok titanium selama ini ialah perusahaan terkemuka Rusia, VSMPO-AVISMA.
Akibatnya, negara-negara itu tidak mungkin sepenuhnya melakukan diversifikasi.
Mikrocip
ekurangan mikrocip juga sebenarnya sudah menjadi persoalan utama sejak 2021.
Para analis memperkirakan masalah ini akan mereda pada 2022.
Namun, perkembangan terakhir di Rusia dan Ukraina membuat optimisme itu menyurut.
Salah satu sanksi AS ialah memotong pasokan mikrocip Rusia.
Hanya saja, Rusia dan Ukraina adalah pengekspor utama neon, paladium, dan platinum. Ketiganya sangat penting untuk memproduksi mikrocip.
Sekitar 90 persen neon yang digunakan untuk litografi cip berasal dari Rusia dan 60 persen di antaranya dimurnikan oleh satu perusahaan di Odessa, Ukraina.
Sumber alternatif akan membutuhkan investasi jangka panjang sebelum bisa memasok pasar dunia.
Energi
Kelangkaan yang terakhir tapi paling berat adalah kelangkaan energi dari Rusia, terutama gas yang disalurkan melalui beberapa jalur pipa.
Kondisi ini juga yang membuat pendekatan negara-negara di Eropa terhadap krisis Rusia-Ukraina sulit.
Jerman sendiri sudah menangguhkan pembangunan saluran pipa gas Baltik yang baru, Nord Stream 2, tanpa batas waktu.
Masalahnya, aliran gas Rusia tidak mungkin dihentikan saat ini karena gangguan sedikit saja akan berdampak besar bagi Eropa.
Cadangan gas dunia juga rendah akibat pandemi Covid-19, dan sebelum krisis Ukraina harga energi sudah naik tajam.
Situasi ini sudah berdampak serius pada konsumen dan industri.