Find Us On Social Media :

Dikenal sebagai Sekutu Dekat hingga Aliansi yang Melawan Barat, Ternyata Ini Alasan China Mati-matian Angkat Tangan daripada Bergabung Menghancurkan Ukraina

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 6 Maret 2022 | 16:14 WIB

China dan Rusia

Intisari-Online.com - China dan Rusia dalam beberapa tahun terakhir memang menjalin hubungan diplomatik yang erat satu sama lain.

Tapi mungkinkah perang yang sedang berlangsung di Ukraina membuat ikatan ini terputus?

Melansir Express.co.uk, Sabtu (5/3/2022), hingga saat ini, Beijing memilih angkat tangan dalam perang antara Rusia-Ukraina.

Menekankan status netralnya dalam konflik, China telah abstain dari dua suara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang agresi Rusia, daripada bergabung dengan upaya Kremlin untuk memblokir mereka.

Yang terbaru dari pemungutan suara ini terjadi Rabu lalu di mana 141 dari 193 negara anggota memilih untuk menuntut penarikan segera Rusia dari Ukraina.

Meskipun tidak ikut serta dalam pemungutan suara, duta besar China untuk PBB Zhang Jun memberikan komentar yang dapat membuat marah para pejabat senior di Moskow.

Zhang menyerukan pemberian penghormatan kepada kedaulatan dan integritas Ukraina.

Dia berkata: "Ukraina harus menjadi jembatan antara Timur dan Barat, bukan pos terdepan konfrontasi antara kekuatan besar."

Baca Juga: Kelihaian Pasukan Ukraina di Perang Rusia-Ukraina, Sniper Ini Berhasil Tewaskan Seorang Jenderal Top Rusia dan Presiden Zelensky Lolos 3 Kali Percobaan Pembunuhan Kelompok Pembunuh Ini

Baca Juga: Jadi Kota Pertama yang Jatuh di Tangah Rusia Sejak Invasi di Ukraina, Terkuak Ini Alasan Kota Ini Paling Diincar Oleh Rusia Untuk Ditaklukkan, Ternyata Bisa Bisa Menguntungkan Rusia

Awal pekan ini juru bicara Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan bahwa hubungan China-Rusia merupakan "kemitraan strategis", bukan "sekutu".

Namun, Zhang menambahkan bahwa kekhawatiran Rusia tentang upaya Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk memperluas dan mengundang Ukraina untuk bergabung sebagai anggota perlu didengarkan.