Find Us On Social Media :

Jadi Algojo Putin, Inilah Wagner Group yang Dikirim Rusia Jadi Pasukan Paramiliter ke Ukraina, Siap Hukum Siapa Saja yang Tentang Keinginan Putin, Pernyataan Presiden Ukraina Jadi Sorotan

By May N, Minggu, 6 Maret 2022 | 13:04 WIB

Kelompok pembunuh Wagner yang berupaya membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Intisari - Online.com - Awal minggu ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjadi headline setelah ia membeberkan pasukan Rusia telah dikirimkan ke Kyiv untuk membunuhnya.

Kemudian, sebuah laporan oleh NY Times mengklaim bahwa lebih dari 400 tentara bayaran beroperasi di ibu kota Ukraina untuk membunuh pemimpin Ukraina dan juga 23 pejabat termasuk wali kota Kyiv Vitali Klitschko.

Laporan lebih jauh mengklaim bahwa Wagner Group, dijalankan oleh sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin yang sering dijuluki 'koki Putin', terbang dalam tentara bayaran dari Afrika lima minggu lalu dalam tuduhan terlibat misi membunuh pemerintahan Zelensky untuk mendapatkan bonus keuangan yang menjanjikan.

Pembunuhan dlaporkan direncanakan untuk jadi dasar invasi Rusia di Ukraina.

Melansir Republic World, Wagner Group adalah sebuah perusahaan keamanan dan militer swasta yang diyakini digunakan Kremlin untuk melaksanakan tujuan strategisnya di tanah asing.

Sebuah laporan yang dipublikasi oleh Bloomberg mengklaim bahwa lebih dari 6000 operasional tentara bayaran.

Sementara itu, sebuah laporan rahasia membeberkan bahwa sebelumnya mereka melaksanakan pembunuhan di Suriah, Mozambik, Mali, Sudan, Republik Afrika Tengah dan kini beroperasi di Ukraina.

Kelompok itu juga terlibat dalam konflik Donbas tahun 2014 dan serangan Rusia ke Semenanjung Krimea.

Baca Juga: Padahal yang Perang Rusia-Ukraina Tapi China Sampai Kena Getahnya, Negeri Panda Bocorkan Akal-Akalan Amerika Serikat Sangkut-Pautkan China, dan Ungkap Kondisi Asli di Ukraina

Baca Juga: Pantas Sampai Berani Tawarkan Hadiah Rp14 Miliar Untuk Tangkap Vladimir Putin, Ternyata Presiden Rusia Itu Nyaris Mustahil Untuk Ditangkap Karena Keamanan yang Super Ketat Ini

Saat ini belum ada banyak informasi mengenai tentara rahasia Putin, selain bahwa tentara itu didirikan oleh Dmitry Utkin, mantan letnan Rusia yang bertugas di Direktorat Intelijen Utama dari Staf Jenderal Pasukan Bersenjata Federasi Rusia (GRU), agensi intelijen utama Rusia.