Advertorial
Intisari-Online.com- Marduk adalah dewa pelindung kota Babel.
Meskipun dikenal sebagai dewa kecil pada awal milenium ketiga, Marduk menjadi dewa lokal yang penting pada saat munculnya Dinasti Babilonia Pertama.
Namun, ia menjadi dewa utama hanya selama periode Babilonia Tengah dan terutama selama pemerintahan Nebukadnezar I (1100 SM ; periode pasca-Kassite) dan tidak, seperti yang umumnya diasumsikan, pada masa pemerintahan Hammurapi (1848–1806 SM).
Hal ini dapat dipastikan dari budaya selama periode Babilonia Lama dan Tengah.
Pada masa ini nama Marduk populer dipakai sebagai nama orang-orang atau sebagai dewa dalam prosedur hukum dan lainnya.
Terlepas dari kemunculannya dalam Yeremia 50:2, nama Marduk tertulis dalam Alkitab dengan nama seperti Evil-Merodach dan Merodach-Baladan.
Kenaikan status Marduk menjadi dewa nasional cukup lambat tetapi sangat komprehensif.
Sangat mungkin bahwa, selain sebagai proses sejarah, pengangkatannya sangat dipengaruhi oleh hubungannya – tidak sepenuhnya terbukti – dengan Enki (Ea).
Enki yakni dewa kebijaksanaan yang baik hati.
Hubungan dengan Enki ini dipertahankan dalam teologi dan praktik pemujaan Marduk.
Misalnya, dalam identifikasinya dengan Asalluhi, putra Enki, aktif dalam penyembuhan atau mantra pengusir setan, dan dalam penamaan kuilnya di Babel Esagila.
Dengan demikian Marduk muncul sebagai dewa nasional dan populer dari "generasi (yang lebih muda) kedua.
Marduk disebut-sebut dalam mantera, doa, himne, puisi filosofis, dan epos seperti Erra Epic.
Marduk adalah pahlawan Enuma elis dalam mitos penciptaan Babilonia.
Dalam mitos ini Putra Badai ditunjuk oleh para dewa untuk memimpin perang melawan Tiamat (Laut) yang telah berencana menghancurkan mereka.
Dalam pertarungan antara dua elemen alam yang dipersonifikasikan ini, Marduk lebih unggul.
Di akhir epik, majelis para dewa memuji Marduk membangun Esagila untuk menghormatinya.
Enuma elis dibacakan di depan patung Marduk selama akitu (Tahun Baru), festival terpenting di Babilonia.
Dalam upacara ini patung Marduk dan putranya Nab dibawa dari kuil Marduk di Babel ke rumah festival akitu di luar tembok kota.
Ritual yang rumit dari festival ini, sangat memengaruhi banyak teori tentang dugaan perkembangan paralel dalam kultus Israel.
Kultus dan teologi Marduk mulai berkembang selama perluasan baru budaya Babilonia di luar Babel pada periode Babilonia-Asyur Tengah.
Marduk diterima ke dalam jajaran kerajaan Asyur setelah Assur dan dewa-dewa penting lainnya.
Elaborasi Babilonia tentang teologi Marduk, memiliki konsekuensi penting dalam perjalanannya menjadi simbol perlawanan Babilonia ke Asyur.
Pada masa periode Asyur terakhir (Esarhaddon, Ashurbanipal) dan Dinasti Neo-Babilonia, dari Nabopolossar dan seterusnya, dan sekali lagi pada periode Persia Awal (Cyrus), Marduk adalah dewa utama Babel.
Karena mereka menentang tindakan opresif Nabonidus, raja Neo-Babilonia terakhir, para imam Marduk adalah mereka yang memungkinkan pendudukan damai Babel oleh Kores.
Marduk pertama kali disebutkan di Barat (Suriah- Palestina) dalam Akkadia dari Ugarit (periode Babilonia Tengah sekitar tahun 1350.
(*)