Find Us On Social Media :

Kisah Licoricia dari Winchester, Posisinya yang Unik Bikin Wanita Yahudi Ini ‘Paling Penting’ di Inggris pada Abad Pertengahan, Apa Perannya Hingga Dibuatkan Patung untuk Mengenang Dirinya?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 2 Februari 2022 | 16:40 WIB

Patung Licoricia, wanita Yahudi yang 'paling penting' di Inggris abad pertengahan.

Intisari-Online.com – Ketika Licoricia dari Winchester, seorang rentenir Inggris yang termasuk di antara kliennya adalah Henry III dan anggota istananya, ditemukan terbunuh di rumahnya pada tahun 1277, berita kematiannya beredar luas, bahkan mencapai komunitas Yahudi di Jerman.

Minat yang ditimbulkan oleh pembunuhan Licoricia mencerminkan posisinya yang unik dalam masyarakat Inggris pada abad pertengahan.

“Dia adalah orang Yahudi, dia kaya, dan dia adalah seorang wanita,” penulis biografi Rebecca Abrams menggambarkannya pada Religion News Service (RNS).

“Dan itulah yang mungkin menyebabkan kematiannya.”

Sekitar 745 tahun setelah pembunuhan Licoricia, di tengah meningkatnya kekhawatiran anti-Semitisme di seluruh Eropa, sebuah patung wanita itu akan dipasang di kota asalnya, Winchester.

Penyelenggara berhara patung itu akan mempromosikan toleransi dan keragaman di masyarakat zaman sekarang, sambil menjelaskan hal yang sering diabaikan dalam sejarah lokal.

Patung tersebut dipahat oleh seniman Inggris Ian Rank-Broadley, patung perunggu setinggi 1,83 meter menggambarkan Licoricia, yang namanya berarti ‘daging manis’, memegang tangan putra bungsunya.

Ungkapan ‘Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri’ terukir pada alas batu pahatan dalam bahasa Inggris dan Ibrani.

Baca Juga: ‘Saya Sangat Kurus Sampai Tertiup Angin… Tapi Saya Masih Hidup’ Kisah Marie Jalowicz, Wanita Yahudi yang Lakukan Apa pun untuk Bertahan Hidup, Bahkan Perbuatan Tega Ini!

 Baca Juga: Kisah Cinta Auschwitz; Antara Nazi Penjaga Kamp Konsentrasi dan Tahanan Yahudi, yang Justru Selamatkan Nyawa Wanita Yahudi dan Keluarganya

“Dalam banyak hal, Licoricia selalu ada di sana, tetapi dia bersembunyi di dokumen dan buku sejarah, dan ini pertama kalinya, dia muncul dalam tiga dimensi di jalan-jalan Winchester tempat tinggalnya,” kata Rank-Broadley kepada Jewish Chronicle.

Menurut sejarawan Robert Stacey, Licoricia, adalah wanita Yahudi paling penting di Inggris abad pertengahan.