Setahun yang Lalu Sebut Ingin Perkuat Kedaulatan Natuna, Indonesia Dibilang Plinplan Setelah 'Melempem' Biarkan Kapal Raksasa China Ini Berkeliaran Langgar ZEE Indonesia Hampir Seminggu!

May N

Editor

Kacaukan Indonesia, kapal China ini menolak pulang dan habiskan seminggu di ZEE Indonesia, Natuna-lah incarannya
Kacaukan Indonesia, kapal China ini menolak pulang dan habiskan seminggu di ZEE Indonesia, Natuna-lah incarannya

Intisari - Online.com -Ketika perusahaan Inggris Premier Oil masuk dalam usaha gabungan dengan raksasa migas Rusia Zarubezhneft setahun lalu untuk mengeksploitasi blok gas alam Tuna di Laut Natuna Utara, SKK Migas mengatakan kesepakatan ini bagus karena menguatkan kedaulatan Indonesia di Natuna.

Namun kini banyak yang meragukan niat Indonesia mempertahankan kedaulatannya.

Kritik berdatangan dari berbagai media asing mengenai pertahanan Indonesia yang kuat tapi tidak digerakkan.

Salah satunya dari artikel di Asia Times.

Baca Juga: Jengah Lihat China Berulang Kali 'Nyelonong' Masuk Laut Natuna, Pakar Ini Nekat 'Sodorkan' Nelayan untuk Jadi 'Tameng' Indonesia Dibanding Militer, Kok Bisa?

Setahun setelah kesepakatan migas antara Premier Oil dan Zarubezhneft, Indonesia tidak berbuat banyak dengan pelanggaran kedaulatannya.

Kritik bergulir ketika pejabat kesulitan menjelaskan mengapa sebuah kapal survei China diperbolehkan menghabiskan 7 minggu melakukan pemetaan dasar laut intensif di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), sebelah selatan konkesi Harbour Energy.

Kapal Haiyang Dizhi 10 berukuran 6900 ton dan dilindungi Coast Guard China (CCG) masuk ZEE Indonesia pada 22 Oktober lalu, 4 hari sebelum pertemuan ASEAN.

Kapal survei China Haiyang Dizhi 10 yang memasuki ZEE Indonesia lebih dari seminggu setelah nyelonong masuk di perairan Filipina September lalu
Kapal survei China Haiyang Dizhi 10 yang memasuki ZEE Indonesia lebih dari seminggu setelah nyelonong masuk di perairan Filipina September lalu

Baca Juga: Terbesar Sepanjang 130 Tahun Sejarah Permigasan Indonesia, China Diduga Incar Sumber Migas Ini Setelah Kerahkan Kapal Survei 'Haiyang Dizhi Shihao 10'

Hal ini pernah terjadi sebelumnya, oleh kapal yang sama yang berlayar ke Fiery Cross Reef di Kepulauan Spratly untuk mengisi ulang tenaga akhir September lalu sebelum kembali 4 Oktober.

Kapal ini kemudian melanjutkan penelitian tanpa dasar hukumnya.

Kali ini, data pelacakan kapalmarinetraffic.commenunjukkan mereka kembali ke pelabuhan Guangzhou.

Namun kapal pemotong 6305 milik Coast Guard China tetap berada di sekitar rig pengeboran di mana operasi penilaian akan berlanjut setidaknya satu bulan lagi.

Baca Juga: Sampai Bikin Nelayan Ketakutan dan Rakyat Ketar-ketir Usai Laut dan Server 'Diacak-acak' China, Pemerintah Indonesia Justru dengan PD Minta Masyarakatnya Tenang dengan Alasan Ini

Pakar mengatakan izin tinggal yang diperpanjang milik kapal survei tersebut telah menjadi senjata pengakuan dari sembilan garis putus-putus China, yang menyerempet ZEE Indonesia dekat dengan batas maritim Vietnam.

Pemerintah Indonesia belum memprotes masuknya kapal ini, walaupun kapal-kapal China diperhatikan setiap waktu oleh 9 kapal patroli Angkatan Laut TNI dan BAKAMLA dengan perintah jelas untuk tidak melakukan intervensi.

"Saya rasa Indonesia menggantungkan taruhan mereka dan tidak melakukan apapun yang akan menyebabkan ketegangan meningkat," ujar pakar dari Institut Kebijakan Strategis Australia (ASPI) Malcolm Davis.

"Jika pemikirannya adalah agar China puas, Indonesia akan terkejut. Beri China satu inchi dan mereka akan ambil satu mil."

Baca Juga: Seharusnya Bisa Dipanen Tapi Makin Mundur Karena Pandemi Covid-19, Inilah Tiga Ladang Gas Raksasa RI yang Kini Nasibnya Makin Tidak Jelas, Termasuk Natuna

Bill Hayton, peneliti untuk Chatham House London dan penulis buku mengenai ketegangan meningkat di Laut China Selatan, sepakat dengan Davis.

"Jika pemerintah Indonesia tidak siap untuk protes, maka mereka perlu segera melakukannya atau akan berisiko menciptakan preseden serta kehilangan haknya," ujarnya.

Para diplomat tidak paham mengapa Indonesia tetap diam.

Salah seorang diplomat menyebut: "Kami berbagi kekhawatiran dan pandangan Anda, tapi beberapa berpikir ini bukan saat yang tepat untuk membuat marah 'teman di utara' mengingat pergerakan terbaru di Laut China Selatan."

Baca Juga: Peta Laut China Selatan Diungkapkan oleh China sebagai Wilayah yang Bakal Dikuasainya Secara Sepihak, Ternyata Ada Wilayah Indonesia Ini di Dalamnya

TNI memiliki hubungan lebih erat dengan militer Amerika Serikat (AS), tapi China juga membantu dalam upaya penyelamatan KRI Nanggala-402, tragedi mengerikan yang menenggelamkan 53 kru Angkatan Laut Indonesia di utara Bali April lalu.

Lebih penting lagi, perusahaan China memainkan peran penting menempatkan Indonesia dalam rantai suplai global, dengan China baru saja memakmurkan industri nikel, bertindak sebagai pendiri investor industri baterai lithium dan industri mobil listrik yang menjanjikan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, yang kini bisa disebut sebagai juru bicara Indonesia untuk China, mencari cara menepis gangguan tersebut dalam pidato minggu lalu di Washington.

Di sana ia bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan.

Baca Juga: Masih Hangat Menteri Investasi Setujui Gelonggongan Dana Investor China, Akal Bulus China Ketahuan Ingin Rebut Wilayah Natuna yang Kaya Akan Gas Alam Belum Terpakai Ini, Lihat Aksi Militer Ganasnya!

Ia mengatakan pemerintah Indonesia menghargai kebebasan navigasi di Laut Natuna Utara, menambahkan: "Kami telah berdiskusi dengan mitra kontak kami di China, kami sepakat untuk berbeda pendapat di beberapa hal, tapi saya yakin kami berhasil mengaturnya sejauh ini.

"Kami tidak merasa kami punya masalah dengan China," ujar Luhut merespon suatu pertanyaan.

"Ini seperti masalah antar saudara. Terkadang Anda punya masalah-masalah, tapi jangan sampai membuatnya sebagai masalah besar. Saya tidak melihatnya sebagai masalah besar selama mereka tidak mengklaim secara resmi jika Natuna milik mereka. Itu berbeda."

Davis dan pakar maritim lainnya menekankan jika kebebasan berlayar bukanlah masalah dan mencatat bahwa terpisah dari insiden tahun 2016, yang mana kapal Coast Guard China merebut kembali sebuah kapal pukat yang ditangkap di perairan Indonesia.

Baca Juga: Sudah Guncang Dunia Karena Gurita Produksi Nikel di Indonesia, Perusahaan China Ini Akan yang Memegang Kendali Produksi Baterai Lithium di Indonesia

Kali ini Indonesia tampaknya mundur ketika dihadang dengan tekanan yang lebih kuat.

“Ini cukup serius,” kata Davis, mantan ahli strategi Departemen Pertahanan.

“Orang Indonesia mungkin tidak ingin mengguncang perahu, tetapi pada titik tertentu, Jakarta harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan China. Orang China menggunakan diplomasi dengan sangat sukses.”

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di sini

Artikel Terkait