Find Us On Social Media :

Kejanggalan Menstruasi yang Menunjukkan Kondisi Anda

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 19 Januari 2017 | 10:00 WIB

8 Fakta tentang Menstruasi yang Harus Diketahui oleh Pria (1)

Intisari-Online.com – Bagi sebagian wanita, ada beberapa efek samping menstruasi yang menyebabkan tidak nyaman dan itu bisa dihubungkan dengan siklus menstruasi. Kondisi yang dialami oleh setiap wanita bervariasi, dari siklus ke siklus. Ini termasuk kram, pendarahan berat, atau mual. Namun, hal ini jangan disepelekan. Jika terjadi kejanggalan menstruasi itu menunjukkan kondisi Anda.

Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka lebih emosional selama periode menstruasi dan memiliki waktu yang sulit untuk menghadapi kehidupan sehari-hari mereka. Ini semua sebenarnya terjadi karena tingkat perubahan hormon, yang sangat normal selama menstruasi. Namun, ada tanda-tanda tertentu atau gejala bila seorang wanita saat menstruasi yang bisa menandakan penyakit dan kondisi tertentu. Seperti berikut ini.

Berhenti mendadak saat menstruasi

Apa yang terjadi ketika tiba-tiba berhenti dari menstruasi? Yang paling mungkin adalah seorang wanita hamil atau memasuki masa menopause. Jika keduanya tidak terjadi, maka Anda harus diperiksa untuk sindrom ovarium polikistik, yaitu kelenjar tiroid yang tidak normal, lemak tubuh rendah, dan kadang-kadang tingkat stres yang ekstrem.

Nyeri saat menstruasi

Apakah menstruasi Anda sangat menyakitkan? Nyeri selama menstruasi, normal saja, tetapi jika rasa sakit menjadi tak tertahankan dan hanya di tempat tidur sepanjang waktu, bisa jadi Anda menjadi korban endometriosis, fibroid, kelainan struktural dalam rahim, atau bekas luka jaringan karena operasi.

Menstruasi berat

Jika mengalami menstruasi yang sangat berat, yang berarti harus mengganti pembalut setiap jam, Anda bisa menderita hemofilia atau fibroid.  Ini juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, perubahan tingkat estrogen dan progesteron. Dalam kasus yang jarangan terjadi, bisa juga disebabkan oleh kanker rahim.

Menstruasi jarang terjadi

Menstruasi jarang terjadi juga diamati pada beberapa wnaita. Jangan mengabaikan ini karena bisa menjadi tanda ketidakseimbangan hormon, polip, dan fibroid.

Jika Anda mengalami kondisi yang disebutkan di atas, pastikan untuk mengunjungi dokter kandungan lebih dini.