Find Us On Social Media :

Kisah Danang Sutawijaya, Dirikan Kerajaan Mataram Islam lalu Angkat Dirinya jadi Raja Pertama Setelah Kalahkan Kerajaan Pajang, Tempat Ayah Angkatnya Bertakhta

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 November 2021 | 17:25 WIB

Asal usul Kerajaan Mataram Islam. Kiri: Ki Ageng Pemanahan, kanan: Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati.

Intisari-Online.com – Mengenal Kerajaan-kerajaan di Nusantara, maka Anda pasti mengenal salah satunya yang paling populer di Jawa Tengah, yaitu Kerajaan Mataram.

Kerajaan Mataram Islam ini didirikan oleh Danang Sutawijaya.

Anda tidak familiar dengan nama Danang Sutawijaya?

Dialah yang juga dikenal sebagai Panembahan Senopati, pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Mataram Islam.

Baca Juga: Jejak Kebesarannya Masih Terlihat Hingga Kini, Terkuak Mataram Kuno Justru Runtuh Tanpa Jejak, Silsilah yang Membingungkan dan Pemberian Tahta Membuat Kerajaan Ini hanya Bertahan Seumur Jagung

Berdasarkan serat atau naskah babad seperti Serat Bauwarna, Serat Centhini, Babad Tanah Jawi, dan beberapa naskah lainnya, disebutkan bahwa Panembahan Senapati memiliki beberapa nama kecil dan julukan.

Antara lain: Danang Sutawijaya, nama ini yang lebih terkenal, Raden Bagus Dananjaya, Raden Ngabehi Saloring Pasar, Raden Ngabehi Salering Peken, dan Risang Sutawijaya.

Lahir sebagai putra Ki Ageng Pemanahan, yang merupakan salah satu orang kepercayaan dan punggawa Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir dari Kerajaan Pajang.

Ibunya bernama Nyai Sabinah atau Nyai Ageng Pemanahan, yang merupakan adik dari Ki Juru Martani, patih pertama Mataram pada masa pemerintahannya.

Baca Juga: Dipercaya Jadi Pelindung para Penguasa Majapahit dan Mataram, Inilah Nyi Roro Kidul, Kokohkan Kekuasaan Raja Usai Lakukan Ini Selama Tiga Hari Tiga Malam