Find Us On Social Media :

Tak Bisa Terus-terusan Menampung Backpacker Asing Gembel yang Terlunta-lunta, Bali Meningkatkan Permainan Wisata Mereka, Kini Hanya Menerima Wisatawan Model Begini Saja

By May N, Minggu, 26 September 2021 | 16:47 WIB

Berikut 11 tempat wisata di Bali yang sudah buka kembali dalam uji coba.

Intisari-Online.com - Menginap di hotel murah dan menghabiskan uang saku yang terbatas di kalangan paling bawah masyarakat di mana hal itu dibutuhkan, para backpacker berperan penting dalam pertumbuhan industri wisata Asia Tenggara.

Sampai baru-baru ini banyak yang sadar industri wisata juga membutuhkan banyak uang.

Para backpacker itu acak-acakan, merokok marijuana dan juga bukan wisawatan asing ideal yang terbang dengan penerbangan bisnis, tinggal di hotel bintang lima dan menggunakan uang mereka dalam paket tur serta suvenir mahal.

Di salah satu titik, Bali pernah menerima wisatawan seperti ini, sampai akhirnya Bali merasa rugi dengan para backpacker ini.

Baca Juga: Picu Kematian Ribuan Burung Pipit di Bali dan Sempat Porak-porandakan Depok, Cuaca Ekstrem 'Siap' Hantam Jakarta 26-27 September, BPBD Langsung Minta Warga Lakukan Ini

Mengutip Asia Times, pejabat imigrasi dikutip mengatakan ketika Bali akhirnya membuka ulang untuk wisatawan internasional mereka akan menggunakan screening untuk para wisatawan "kualitas rendah."

Menteri Luhut Panjaitan juga mengatakan: "Kami akan menyaring turis-turis yang datang. Kami tidak ingin backpacker datang ke Bali yang bersih. Kami ingin pengunjung yang berkualitas."

Ia dan pejabat lain sejak saat itu telah melakukan screening yang lembut, tapi saat ia ditugasi menjadi koordinator PPKM sejak Juli lalu, Luhut mendapatkan kesan bahwa utamanya para backpacker yang santai saja yang mengabaikan protokol kesehatan.

"Kami hanya tidak ingin mereka datang beberapa waktu sementara ini," ujar Luhut dikutip dari Asia Times, frustrasi bahwa beberapa wilayah di Bali masih di PPKM level 3 walaupun Bali telah menjadi pulau dengan tingkat vaksinasi tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Jangan Euforia Kasus Covid-19 Melandai, PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang Hingga 20 September 2021, Beberapa Daerah Jadi Level 2, Bioskop dan Tempat Wisata Boleh Dibuka dengan Prokes Ketat