Penulis
Intisari-Online.com - Bersama Gottlieb Daimler, Wilhem Maybach menjadi pencipta sepeda motor pertama di dunia, Daimler Reitwagen.
Maybach bertemu dengan rekannya itu setelah Daimler pulang dari Inggris.
Daimler sendiri menempuh berbagai tingkat pendidikan, termasuk menimba ilmu di Sekolah Stuttgart untuk Pelatihan Lanjutan dalam Seni Industri. Daimler sempat bekerja di Rollé und Schwilque (R&S) di Grafenstaden.
Mengundurkan diri dari R&S, kemudian ia mengunjungi Paris, hingga ke pergi ke Inggris dan bekerja di perusahaan teknik terkemuka di sana.
Baca Juga: Penemunya Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech, Inilah Fakta-fakta Sepeda Motor Pertama di Dunia
Sepulang dari Inggris, Daimler yang saat itu berusia 31 tahun mendapatpekerjaan di kota Reutlingen di selatan Jerman dan menjadi pengawas disebuah bengkel bernama Bruderhau, lembaga sosial yang mempekerjakananak yatim dan tunawisma.
Di sanalah ia berkenalan dengan anak muda berusia belasan tahun, tak lain adalah Wilhelm Maybach.
Setelah pertemuan itu, mereka mulai bereksperimen dengan berbagaimesin di sebuah rumah musim panas milik Daimler di kota Cannstatt hingga terciptalah apa yang dikenal sebagai sepeda motor pertama di dunia.
Melansir Britannica, Wilhem Maybach lahir 9 Februari 1846, di Heilbronn , Württemberg, Jerman.
Wilhelm Maybach awalnya dilatih di Bruderhaus sebagai pembuat roti dan manisan.
Namun, Pendeta Werner melihat bakat teknisnya yang luar biasa dan memeliharanya.
Akibatnya, Maybach mulai magang di kantor menggambar di bengkel mesin pada tahun 1861, dengan pelajaran fisika dan menggambar tangan bebas di fasilitas pelatihan lanjutan kota, serta matematika di sekolah menengah di kemudian hari.
Selain itu, dia diberi pelajaran bahasa Inggris dan Prancis sejak hari pertama karirnya.
Pada tahun 1863, Maybach bertemu Daimler ketika Gustav Werner merekrut Gottlieb Daimler sebagai inspektur "Vereinigte Werkstätten" Bruderhaus (bengkel gabungan).
Menjadi salah satu sosok pencipta sepeda motor pertama, Maybach di kemudian hari lebih dikenal sebagai Insinyur dan industrialis Jerman yang merupakan kepala perancang pertama Mobil Mercedes (1900-1901).
Dari 1883 Maybach dikaitkan dengan Gottlieb Daimler dalam mengembangkan mesin pembakaran internal yang efisien; produk penting pertama mereka, mesin empat tak yang relatif ringan, dipatenkan pada tahun 1885.
Pada tahun 1890 Daimler dan Maybach membentuk Daimler-Motoren-Gesellschaft, di Cannstatt, untuk memproduksi mobil; dari tahun 1895 Maybach menjadi direktur teknis perusahaan.
Desain karburatornya banyak digunakan sejak tahun 1893 dan menjadi subjek litigasi (berhasil di Inggris) atas pelanggaran patennya.
Selama tahun 1890-an ia dielu-elukan di Prancis, yang saat itu menjadi pusat produksi mobil dunia, ia dijuluki sebagai "Raja Desainer".
Sempat naik menjadi direktur teknis Daimler Motoren Gesellschaft (DMG), namun ia meninggalkan DMG pada tahun 1907.
Kemudian mendirikan Maybach-Motorenbau GmbH bersama dengan putranya Carl pada tahun 1909; mereka memproduksi mesin Zeppelin.
Mereka membangun mesin pesawat, termasuk pembangkit listrik untuk kapal udara yang dibangun oleh organisasi Zeppelin, di mana perusahaan Maybach adalah anak perusahaan.
Mobil dengan merek Maybach diproduksi dari tahun 1922 hingga 1939.
Untuk mobil Mercedes yang paling awal, Maybach sangat meningkatkan desain yang ada untuk mesin 24 tenaga kuda, menyediakan katup masuk mekanis yang dapat digerakkan oleh pengemudi.
Setelah penandatanganan Perjanjian Versailles pada tahun 1919, perusahaan mulai memproduksi kendaraan mewah berukuran besar, dengan merek "Maybach".
Perusahaan tersebut bergabung dengan upaya perang Jerman pada tahun 1940, sehingga menghentikan produksi otomotif demi mesin tangki, termasuk untuk tank berat Tiger I dan Tiger II.
Selanjutnya, produksi otomotif dihidupkan kembali setelah perang. Maybach Motorenbau yang tetap menjadi anak perusahaan Luftschiffbau Zeppelin membuat mesin diesel.
Kemudian selama 1960-an Maybach berada di bawah kendali Daimler-Benz dan berganti nama menjadi MTU Friedrichshafen .
Pada tahun 2002 nama merek Maybach dihidupkan kembali untuk membuat barang mewah tetapi tidak berhasil.
Pada 25 November 2011 Daimler-Benz mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi mobil dengan merek Maybach pada tahun 2013.
Pada tahun 2014, Daimler mengumumkan produksi edisi ultra-mewah dari Mercedes-Benz S-Class di bawah merek baru Mercedes-Maybach.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik disini