Find Us On Social Media :

Penemunya Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech, Inilah Fakta-fakta Sepeda Motor Pertama di Dunia

By Khaerunisa, Selasa, 23 Februari 2021 | 19:37 WIB

Replika Reitwagen, sepeda motor pertama di dunia.

Intisari-Online.com - Reitwagen atau Einspur merupakan sepeda motor pertama di dunia, yang diperkenalkan Jerman pada 10 November 1885, atau sekitar 136 tahun yang lalu.

Sepeda motor pertama di dunia tersebut dibuat oleh penemu Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech.

Gottlieb Daimler merupakan insinyur mesin Jerman yang kemudian dikenal sebagai tokoh utama dalam sejarah awal otomotif industri.

Setelah menempuh berbagai tingkat pendidikan, termasuk menimba ilmu di Sekolah Stuttgart untuk Pelatihan Lanjutan dalam Seni Industri, Daimler sempat bekerja di Rollé und Schwilque (R&S) di Grafenstaden.

Baca Juga: Inilah Sosok Pencipta Sepeda Motor Pertama, Teknologi yang Mengubah Dunia, Pertama Kali Diperkenalkan 136 Tahun Lalu

Mengundurkan diri dari R&S, kemudian ia mengunjungi Paris, hingga ke pergi ke Inggris dan bekerja di perusahaan teknik terkemuka di sana.

Sepulangnya dari Inggris, Daimler yang saat itu berusia 31 tahun mendapatpekerjaan di kota Reutlingen di selatan Jerman dan menjadi pengawas disebuah bengkel bernama Bruderhau, lembaga sosial yang mempekerjakananak yatim dan tunawisma.

Di sana ia berkenalan dengan anak muda berusia belasan tahun yang kelakmenjadi partner bisnisnya seumur hidup, Wilhelm Maybach.

Setelah pertemuan itu, mereka mulai bereksperimen dengan berbagaimesin di sebuah rumah musim panas milik Daimler di kota Cannstatt hingga terciptalah apa yang dikenal sebagai sepeda motor pertama di dunia.