Find Us On Social Media :

Hidupnya Jauh Lebih Misterius Daripada Kim Jong-Un Sendiri, Mengapa Xi Jinping Sama Sekali Tidak Punya Biografi?

By Maymunah Nasution, Minggu, 31 Januari 2021 | 15:25 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-online.com - Seorang novelis, Yan Lianke, pernah mengatakan hidup di China saat ini membingungkan.

Hal ini karena hidup di sana terasa hidup di Korea Utara dan AS di saat yang sama.

Dalam opini yang ditulis oleh Jeffrey Wasserstrom di The Atlantic, China dianggap begitu istimewa sekaligus aneh.

China punya toko merk papan atas dunia, tapi juga memiliki kamp konsentrasi.

Baca Juga: Hanya 6 Bulan Jadi Diktator Romawi Sudah Sukses Bentuk 2 Legiun Baru, Kalah Oleh Pasukan Gajah Hannibal Barca dengan Obor di Tanduk-tanduknya!

China menjadi misterius rupanya bukan karena ciri negara itu saja, tapi menurut Wasserstrom, pemimpinnya, Xi Jinping, juga memiliki misteri tersendiri.

Dalam beberapa cara, Xi Jinping yang menjadi ketua Partai Komunis dan Presiden China di tahun yang sama, tampaknya membawa negaranya mundur.

Namun di saat yang sama ia tunjukkan dirinya sebagai pedagang bebas, sampai bisa mengesankan hadirin pertemuan Davos untuk laksanakan globalisasi dan menandatangani perjanjian perdagangan bebas Beijing belakangan ini.

Hal ini disebabkan karena ketidakpahaman orang-orang mengenai rencana dan prioritas Xi, menuntun kepada keyakinan pengamat luar jika ia akan menjadi pelaksana reformasi seperti mantan presiden Rusia Mikhail Gorbachev.

Baca Juga: Misteriusnya Sosok Xi Jinping, Foto Anak dan Saudara Iparnya Bocor di Internet Saja Langsung Tangkap Warganet yang Menyebarkannya, Hukumannya Bikin Ngelu