Sebelum Pandemi Dipaksa Terbangkan Pesawat Tak Aman, Saat Pandemi Terpaksa 'Berkarat', Inilah Nasib Para Pilot Indonesia Menurut Laporan Media Asing

Muflika Nur Fuaddah

Penulis

Ilustrasi pesawat

Intisari-Online.com - Hannah Beech menulis untuk New York Times bahwa saat pandemi virus corona merambah langit lalu lintas maskapai penerbangan Indonesia, Kapten Afwan, seorang pilot berpengalaman Boeing 737 untuk Sriwijaya Air, menunggu.

Mantan pilot TNI AU yang banyak dikagumi dan memiliki pengalaman terbang lebih dari 30 tahun ini mengisi waktunya dengan sesi simulator penerbangan Sriwijaya yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa pilot menyelesaikan jam terbang minimum untuk tetap memiliki ijin terbang.

Pada hari Sabtu, Sriwijaya Air Penerbangan 182 , dengan Kapten Afwan yang bertanggung jawab, jatuh ke Laut Jawa beberapa menit setelah lepas landas.

Pesawat penumpang seri Boeing 737-500 membawa 62 orang, termasuk enam awak aktif.

Baca Juga: Hampir Dipastikan Menjadi Penyebab Umum Semua Kecelakaan Pesawat Di Dunia, Inilah 5 Hal yang Bisa Membuat Pesawat Alami Kecelakaan

Sekarang penyelam telah mengambil barang dari pesawat di perairan barat laut ibu kota Indonesia, Jakarta: bongkahan badan pesawat, roda pesawat, dan pakaian anak-anak yang terendam air.

Sepuluh anak dan bayi telah di dalam penerbangan tersebut, dalam perjalanan dari Jakarta ke kota Pontianak di pulau Kalimantan, sekitar 90 menit perjalanan.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia ingin menyampaikan kesedihan yang mendalam atas tragedi ini," kata Presiden Joko Widodo dari Indonesia, Minggu.

Penyelidik Indonesia mengatakan mereka telah mengonfirmasi di mana perekam data pesawat berada di lokasi kecelakaan berair di Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Diterjunkan Langsung untuk Membantu Evakuasi Sriwijaya Air SJ182 yang Jatuh, Pasukan Marinir Indonesia ini Ternyata Pernah Bikin Jenderal Amerika Geleng-geleng Kepala

Mungkin butuh waktu berbulan-bulan bagi para penyelidik untuk mengumpulkan alkimia mengerikan apa dari cuaca, perawatan pesawat, dan pengambilan keputusan awak pesawat yang mungkin telah berkontribusi pada episode fatal tersebut.

Nurcahyo Utomo, penyelidik Komite Nasional Keselamatan Transportasi Indonesia, mengatakan radius puing yang relatif sempit seperti yang terlihat dalam rekaman video menunjukkan sebelumnya bahwa pesawat mungkin pecah saat menabrak air, bukan meledak di udara.

Namun tidak diragukan lagi bahwa langit Indonesia tetap menjadi salah satu yang paling berbahaya di dunia, tercemar oleh sejarah peraturan keselamatan yang buruk yang telah membebani maskapai penerbangan domestik selama bertahun-tahun.

Dan pandemi tersebut memiliki upaya rumit yang bertujuan memulihkan reputasi dan keuangan mereka.

Baca Juga: Kisah 3 Nelayan jadi Saksi Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Mengira ada Bencana Sampai Ketakutan Bakal Terjadi Tsunami Sebelum Tau Ternyata Penyebabnya Kecelakaan Pesawat

Didasarkan oleh sepinya lalu lintas penumpang akibat virus corona, pilot mengatakan bahwa itu adalah perjuangan untuk mempertahankan keunggulan profesional mereka, bahkan jika operator mereka menawarkan pelatihan dengan simulator.

Sriwijaya memiliki dua simulator penerbangan untuk model 737 yang lebih tua, kata pilot.

Kapten Rama Noya, Ketua Asosiasi Pilot Indonesia yang juga pilot Sriwijaya, mengatakan bahwa saat terbang setelah jeda sebulan, dia merasa seperti “dicolok lagi”.

Perasaan berkarat tidak terbatas pada pilot untuk maskapai Indonesia.

Baca Juga: Disebut 11 Menit Paling Krusial Saat Pesawat Lepas Landas, Inilah Critical Eleven Situasi Paling Kritis di Mana Kecelakaan Pesawat Bisa Terjadi

“Ini menjadi perhatian semua negara saat ini,” kata Gerry Soejatman, pakar penerbangan Indonesia.

Untuk maskapai penerbangan Indonesia yang beroperasi dengan margin keuntungan yang sangat tipis, penurunan lalu lintas penumpang selama pandemi sangat tajam.

Sriwijaya Air, didirikan pada tahun 2003 selama booming penerbangan Indonesia, dililit hutang bahkan sebelum pandemi melanda.

Kesepakatan sebelumnya untuk menghidupkan kembali peruntungannya dengan menghubungkan dengan grup maskapai lain gagal, bahkan jika Sriwijaya tidak pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian di dalamnya.

Baca Juga: Seringkali Berakkhir Tragis, Inilah Deretan Orang yang Berhasil Selamat dari Kecelakaan Pesawat Hanya dengan Praktikkan Cara Tak Terduga Ini

"Moral kru rendah karena pemotongan gaji yang disebabkan oleh pandemi, dan dengan jam bulanan yang rendah, kekhawatiran tentang kinerja kru memang ada," kata Soejatman.

Sebelum pandemi, pilot Indonesia, terutama yang memiliki maskapai berbiaya rendah seperti Lion Air, mengatakan mereka telah dipaksa untuk menerbangkan pesawat yang dianggap tidak aman.

Keluhan tentang kerja berlebihan dan kurang bayar adalah hal biasa, begitu pula tuduhan bahwa pengawasan peraturan telah menipis dalam upaya langsung untuk membawa pesawat ke udara.

Serangkaian kecelakaan pesawat mematikan di Indonesia membuat regulator Eropa melarang operator negara selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Mengenal 3 Pasukan Khusus Indonesia dari TNI AL, Pasukan Elite yang Temukan Puing-puing Pesawat hingga Serpihan Mesin di Kedalaman Belasan Meter dalam Pencarian Sriwijaya Air SJ182

Pada 1997, 234 orang tewas saat penerbangan dari maskapai nasional Garuda jatuh di dekat kota Medan.

Pada 2014, 162 orang tewas saat penerbangan AirAsia dari kota Surabaya ke Singapura jatuh ke Laut Jawa.

Dan pada tahun 2018, Lion Air 737 Max menukik ke Laut Jawa setelah sistem antistall yang dirancang Boeing tidak berfungsi.

Beberapa bulan kemudian, 737 Max lainnya yang dilengkapi dengan perangkat lunak antistall yang sama jatuh di Ethiopia , mendorong seluruh armada Max di seluruh dunia untuk dihentikan hingga akhir tahun lalu.

Baca Juga: Temukan Puing Pesawat dan Bagian Tubuh Korban Sriwijaya Air, Pasukan Elite Denjaka Ternyata Sering Bikin Gentar Navy Seal Amerika

Pesawat Sriwijaya yang jatuh pada hari Sabtu itu bukan pesawat Max, juga tidak dilengkapi dengan software antistall yang bermasalah.

Pilot yang mengenal Kapten Afwan, 54, mengatakan bahwa dia bukan pemberani.

Keponakannya, Mohammad Akbar, mengatakan dia telah terbang selama lebih dari tiga dekade.

“Kapten Afwan adalah pilot yang sangat berpengalaman,” kata Koko Indra Perdana, pilot Lion Air yang pernah terbang dengan Sriwijaya.

Baca Juga: Tahun Terburuk dalam Dunia Penerbangan Disabet Tahun 1972, Lihat Saja Daftar Rentetan Kecelakaan Mengerikan yang Terjadi Tahun Itu dan Berbagai Penyebabnya

"Saya percaya pada keahliannya."

Model yang diterbangkan Kapten Afwan, seri 737-500, dianggap sebagai pekerja keras yang telah teruji waktu tanpa kekurangan sistemik yang mencolok.

Meski begitu, pesawat yang jatuh pada hari Sabtu itu berusia 26 tahun, usia yang membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga pesawat dalam kondisi terbang prima, kata analis penerbangan.

Dan hujan lebat telah menunda penerbangan pada hari Sabtu.

Baca Juga: Digadang-gadang Saingi Jet Tempur F-22 AS, China Bakal Modifikasi Mesin Jet Tempur J-20, Rupanya Alasan Utamanya Ada Kaitannya dengan Rusia

Sriwijaya hanya menerbangkan sekitar seperempat armadanya selama pandemi, kata orang dalam industri.

Regulator telah memperingatkan bahwa beberapa model Boeing 737 mungkin perlu diperiksa untuk kemungkinan korosi katup udara jika tidak diterbangkan setiap minggu.

“Kami belum mengetahui kondisi pesawat setelah di-grounded selama berbulan-bulan,” kata Kapten Koko.

Kapten Afwan telah bergabung di kokpit oleh co-pilot Diego Mamahit, yang telah bekerja untuk Sriwijaya sebagai perwira senior senior selama hampir enam tahun.

“Saya sangat suka terbang dan menikmati tugas saya untuk mengoperasikan pesawat Boeing 737 di semua rute domestik di Indonesia,” tulis Bapak Mamahit di LinkedIn.

“Saya juga telah melihat banyak kota yang indah dan pemandangan yang menakjubkan di banyak pulau di Indonesia.”

Baca Juga: Sriwijaya Air Jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Ini Cara Mudah Mengambang di Air Agar Tak Tenggelam, Seperti Daun!

(*)

Artikel Terkait