Find Us On Social Media :

Hampir Dipastikan Menjadi Penyebab Umum Semua Kecelakaan Pesawat Di Dunia, Inilah 5 Hal yang Bisa Membuat Pesawat Alami Kecelakaan

By Maymunah Nasution, Senin, 11 Januari 2021 | 16:02 WIB

Ilustrasi pesawat jatuh

Intisari-online.com - Berita mengenai kecelakaan pesawaat seringkali membuat banyak orang bertanya-tanya tentang keamanan pesawat dan ancaman terorisme.

Namun sampai fakta kecelakaan pesawat diketahui, tidak bijak untuk berspekulasi tentang apa penyebab kecelakaan tertentu.

Namun kita bisa mengerti jika ada beberapa penyebab umum yang lebih sering terjadi daripada penyebab lainnya.

1. Kesalahan Pilot

Baca Juga: Tahun Terburuk dalam Dunia Penerbangan Disabet Tahun 1972, Lihat Saja Daftar Rentetan Kecelakaan Mengerikan yang Terjadi Tahun Itu dan Berbagai Penyebabnya

Seiring dengan perkembangan pesawat yang makin bisa diandalkan, proporsi kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan pilot telah meningkat dan sekarang bisa mencapai 50% dari tingkat kecelakaan itu sendiri.

Perlu diingat, pesawat adalah mesin kompleks yang memerlukan banyak penanganan.

Pilot menjadi satu yang aktif terlibat dengan pesawat di setiap tahap penerbangan, sehingga banyak sekali kesempatan kesalahan-kesalahan muncul, dari gagal menjalankan program penting flight-management computer (FMC) dengan benar sampai salah perhitungan berapa banyak bahan bakar yang diperlukan.

Kesalahan seperti itu tentu saja sangat disesalkan, tapi penting untuk ingat jika pilot adalah benteng pertahanan terakhir saat keadaan menjadi sangat berantakan.

Baca Juga: Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, Inilah 5 Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan di Indonesia, Salah Satunya Pilot Diduga 'Bunuh Diri'