Find Us On Social Media :

Digadang-gadang Saingi Jet Tempur F-22 AS, China Bakal Modifikasi Mesin Jet Tempur J-20, Rupanya Alasan Utamanya Ada Kaitannya dengan Rusia

By Tatik Ariyani, Senin, 11 Januari 2021 | 13:25 WIB

Jet tempur Chengdu J-20 milik China

Intisari-Online.com - Tak mau kalah dari AS, China pun terus mengembangkan teknologi jet tempurnya, termasuk jet tempur siluman J-20.

J-20 disebut-sebut sebagai penantang yang lebih baik untuk melawan jet tempur AS, terutama F-22.

Agar lebih sesuai dengan jet tempur F-22 milik AS, China pun ingin memodifikasi mesin pada jet tempur J-20.

China akan berhenti menggunakan mesin Rusia yang saat ini dipasang pada jet tempur siluman J-20 generasi baru China.

Baca Juga: Latihan Gabungan dengan Pakistan Sudah di Depan Mata, Tidak Tanggung-tanggung China Terjunkan Jet J-10C dan J-11B Baru, Seperti Apa Spesifikasinya?

China kemudian akan menggantinya dengan mesin yang dikembangkan dalam negeri.

Orang dalam militer mengatakan kepada South China Morning Post, insinyur pesawat China menemukan WS-10C buatan dalam negeri mereka, versi modifikasi dari mesin WS-10, sebaik mesin AL-31F Rusia.

"Tidak mungkin bagi China untuk bergantung pada mesin Rusia, karena Rusia meminta China untuk membeli lebih banyak jet tempur Su-35 dengan imbalan kesepakatan mesin AL-31F," kata orang dalam tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya.

"Masalah utamanya adalah - kecuali keunggulan jangkauan tempurnya yang lebih jauh - radar, sistem navigasi dan komponen elektronik lainnya pada Su-35 lebih rendah dari pesawat China seperti pesawat tempur J-16."

Baca Juga: Berambisi Kalahkan China, Jepang Bikin Jet Tempur Tak Berawak, Digadang-gadang Jadi Jet Tempur Terbaik Buatan Jepang