Find Us On Social Media :

Tabungannya Hilang Rp 72 Juta, Begini Tanggapan Maybank yang Berkali-kali Menolak Mengganti, Termasuk Pengguna Mobile DIgital Banking Harus Menjaga Keamanan Nomor

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 18 November 2020 | 14:13 WIB

Ilustrasi ATM.

Intisari-Online.com - Maybank memberikan tanggapan terkait uang Rp 72.653.000 milik nabasahnya di Solo, Jawa Tengah, yang hilang.

Juru Bicara PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Tommy Hersyaputera mengatakan, uang milik Candra berpindah ke rekening lain melalui mobile banking.

Tommy mengklaim, Maybank Indonesia menerapkan standar keamanan sistem digital perbankan seperti yang diatur otoritas untuk memastikan integritas serta keamanan atas dana dan setiap transaksi nasabah.

"Terkait pengaduan nasabah yang kami terima sejak bulan Juni lalu atas kehilangan dana Rp 72 juta dalam rekening bank, penelusuran kami menunjukkan telah terjadi perpindahan dana melalui mobile banking nasabah," kata Tommy melalui keterangan tertulisnya, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Dikira Cuma Tidur Nyatanya Para Artis Ini Meninggal Saat Syuting, Siapa Saja Mereka dan Apa yang Jadi Penyebabnya?

"Investigasi kami juga menunjukkan bahwa transaksi perpindahan dana dari rekening nasabah kepada pihak ketiga tersebut dilakukan sesuai mekanisme dan telah melalui fitur keamanan yang ditetapkan dalam transaksi melalui mobile banking."

"Mekanisme dan fitur keamanan yang sama juga berlaku di industri perbankan pada umumnya," sambungnya.

Maybank juga mengingatkan nasabah senantiasa untuk selalu menjaga kerahasiaan user ID dan password sebagai data yang bersifat pribadi yang dimiliki dan diketahui hanya oleh nasabah.

Nasabah juga diminta menjaga kerahasiaan Transaction Authorization Code (TAC).

Baca Juga: Teknologi China Memang Canggih! Sawah pun Dimodernisasi Seperti Ini hingga Tak Membutuhkan Petani Lagi, Mampu Pangkas Biaya Tenaga Kerja sampai 65 Persen

"Perlu kami ingatkan di sini agar nasabah pengguna mobile (digital) banking senantiasa menjaga keamanan nomor telepon selularnya, khususnya nomor seluler yang didaftarkan pada sistem mobile banking sebagai nomor tujuan pengiriman TAC sebagai kode verifikasi transaksi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, uang tabungan sebesar Rp 72.653.000 milik Candra yang disimpan di Bank Maybank cabang Urip Sumoharjo Solo, Jawa Tengah dilaporkan hilang.

Hilangnya uang tabungan nasabah Bank Maybank tersebut terjadi pada 11 Juni 2020.

"Tanpa sepengetahuan dan tanpa persetujuan klien kami dana di rekening klien kami raib sebesar Rp 72.653.000," kata Kuasa Hukum Candra, Gading Satria Nainggolan, saat dihubungi, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Indonesia Berupaya Modernisasi Alusista, Malaysia Terkendala Anggaran, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia

Menurut Gading, hilangnya uang tabungan kliennya bermula kartu seluler yang mengalami hilang sinyal.

Kemudian Candra datang ke gerai seluler untuk memperbaiki kartunya, tapi sudah tutup.

Akhirnya, Candra baru bisa mengaktifkan kembali kartu selulernya dengan mengganti kartu baru pada 15 Juni 2020.

Namun, ketika mengaktifkan kembali pihak gerai tidak mempertanyakan alasan Candra ganti kartu.

Baca Juga: Semangat Anak-anak Indonesia Raih Masa Depan yang Indah, Pandemi Covid-19 Tidak Surutkan Semangat Ikuti Ajang Menggambar Mobil Impian Toyota

"Di situ aman-aman saja. Setelah dia punya kartu baru aktif kembali tanggal 18 Juni dia datang ke Maybank ada yang diurus."

"Cetak rekening koran tabungannya di Maybank. Di situ baru tahu ternyata uangnya Rp 72 juta sekian tinggal Rp 80.000," kata Gading.

Mengetahui uang tabungannya hilang misterius, Candra membuat pengaduan internal kepada Maybank.

Esok harinya, Candra juga datang ke kantor polisi membuat pengaduan.

Baca Juga: Aktris FTV Ini Meninggal Saat Masih Muda Karena Kanker Lidah, Kebiasaan Konsumsi Makanan dan Minuman Seperti Ini Bisa Jadi Penyebabnya, Hati-hati!

"Laporan kita yang tanggal 18 Juni di Maybank baru ditanggapi tanggal 7 Agustus 2020."

"Satu bulan lebih baru ditanggapi dengan menerbitkan surat yang dikirimkan kepada klien kami," kata Gading.

"Isinya adalah mereka intinya tidak mau melakukan penggantian dikarenakan proses pengambilan itu sudah melalui prosedur M2U (fasilitas internet banking)."

"Maybank beranggapan satu-satunya orang yang tahu terkait user name dan password yaitu klien kami sendiri sebagai nasabah," sambungnya.

Baca Juga: Israel Gempur Target di Suriah yang Disebut 'Agresi Militer', 3 Tentara Tewas dan Titik-titik Penting Ini Jadi Targetnya

Tidak terima dengan tanggapan Maybank, tutur Gading, kliennya kemudian datang lagi ke Maybank pada 19 Agustus 2020 untuk menyanggah.

"Tanggal 31 Agustus 2020 Maybank menerbitkan surat lagi dikirim ke klien kami intinya sama mereka tidak mau tanggung jawab," tutur dia.

Gading mengatakan ada lima transaksi yang selama ini tidak pernah dilakukan kliennya.

Transaksi itu dilakukan dalam sehari pada 11 Juni 2020 dengan total nilai Rp 72.653.000.

Baca Juga: Harumnya Nama Israel dalam Kemenangan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh, Relasi Keduanya akan Semakin Manis karena Hal Menggiurkan Ini

"Transaksi pemindahbukuan ke Bank BTPN a.n. M. Rafli Rp 25.000.000, top up OVO Rp 9.801.000, top up OVO Rp 9.901.000, pemindahbukuan ke Bank BRI a.n. Septian Hadi Prayitno Rp 25.000.000, dan top up OVO Rp 2.951.000," kata dia.

Kasat Reskrim Polresta Solo, AKP Purbo Adjar Waskito mengatakan sudah menerima laporan pengaduan terkait kasus hilangnya uang nasabah di bank.

Pihaknya masih menyelidiki laporan pengaduan itu.

"Laporan itu diserahkan Juni. Masih kita selidiki," terangnya.

Baca Juga: Heboh di Ruang Persalinan! Usai Keluarkan Bayi Kembar Dokter Menjerit Kaget, Bikin Ibu Sang Bayi Penasaran, Ini Rupanya yang Bikin Semua Orang di Ruangan Itu Menangis Haru!

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanggapan Maybank soal Hilangnya Uang Rp 72 Juta Milik Nasabah di Solo "