Find Us On Social Media :

Indonesia Berupaya Modernisasi Alutsista, Malaysia Terkendala Anggaran, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia

By Khaerunisa, Rabu, 18 November 2020 | 13:17 WIB

(ilustrasi) Perbandingan kekuatan militer Indonesia dan Malaysia. Defile pasukan saat peringatan HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017).

Intisari-Online.com - Indonesia sering kali bersitegang dengan Malaysia karena berbagai hal, seperti apa perbandingan kekuatan militer Indonesia dan Malaysia?

Lebih dari setengah abad meninggalkan masa-masa konfrontasi Indonesia Malaysia, dua negara bertetangga ini masing kerap bersitegang meski tidak pernah terjadi perang besar.

Kini, memanasnya hubungan antara Indonesia dan Malaysia lebih sering terjadi karena klaim Malaysia terhadap warisan budaya Indonesia.

Seperti pengalaman Indonesia menghadapi klaim batik dan wayang kulit oleh Malaysia.

Baca Juga: Di Asia Tenggara Nomer 1, Peringkat ke Berapa Indonesia di antara Militer Paling Kuat di Asia?

Di masa lalu, konfrontasi terjadi saat Malaysia berencana membentuk Persekutuan Tanah Melayu, Singapura, Sarawak, Brunei, dan Sabah pada tahun 1961.

Presiden Soekarno menentangnya menganggap pembentukan Negara Federasi Malaysia adalah proyek neokolonialisme Inggris.

Sejumlah kesepakatan dibuat antara Malaysia, Indonesia, dan Filipina yang ikut menentang rencana tersebut, namun terus dilanggar oleh Malaysia.

Masalah tersebut berakhir di masa kepemimpinan Soeharto, dengan Indonesia kembali menjadi anggota PBB, setelah Persetujuan Bangkok menormalisasi hubungan Indonesia dan Malaysia.