Find Us On Social Media :

Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran, Negeri Yahudi Pol-polan Sediakan Anggaran Pertahanan Besar padahal Pasukannya Tidak Seberapa Dibanding Iran

By Khaerunisa, Selasa, 17 November 2020 | 15:08 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran

Intisari-Online.com - Belakangan ini hubungan Israel dan Iran semakin memburuk, seperti apa perbandingan kekuatan militer Israel dan Iran?

Memburuknya hubungan tersebut dipicu batalnya kesepakatan nuklir Iran dan AS pada 2018, meski sebelumnya hubungan Israel dan Iran memang tidak pernah baik.

Para pemimpin Iran pun memperingatkan, jika kesepakatan nuklir itu bubar maka negeri tersebut akan melanjutkan proses pengayaan uranium.

Sementara Israel menganggap niat Iran melanjutkan proses pengayaan uranium ini sebagai langkah yang akan membahayakan eksistensi negeri Yahudi tersebut.

Baca Juga: India Pernah Kehilangan 7000 Tentaranya karena Lawan China, Lebih dari Setengah Abad Berlalu, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dan India

Meski banyak yang meyakini bahwa kedua negara tak akan terlibat perang secara langsung, namun ketegangan yang meningkat di antara Israel dan Iran tetap dianggap mengkhawatirkan.

Ali Vaez, seorang analis Iran untuk International Crisis Group, mengatakan kepada DW bahwa konflik telah menjadi "sekrup yang hanya berputar ke satu arah, semakin tegang dan tegang dari waktu ke waktu."

Terlebih, kedua negara ini memiliki angkatan bersenjata yang cukup kuat untuk berhadapan satu sama lain.

Kekuatan militer Iran menurut indexPower Global Firepower dinilai lebih unggul, namun tak jauh meninggalkan Israel.