Intisari-Online.com -Dua dekade lalu, sebuah konsep oleh insinyur NASA kelahiran China Ming Han Tang ditolak oleh pemerintah AS.
Namun, saat ini, konsep tersebut justru diminati oleh China, negara asal sang insinyur.
Desain yang tidak diklasifikasikan tersebut sekarang telah diadopsi oleh para ilmuwan China untuk meningkatkan program senjata hipersonik Beijing.
Sebuah tim ilmuwan di China telah mengembangkan dan menguji prototipe mesin penerbangan hipersonik berdasarkan desain yang disiapkan oleh Ming sekitar 20 tahun yang lalu, melansir The EurAsian Times, Jumat (10/12/2021).
Ming merupakan chief engineer Program Hipersonik NASA pada 1990-an.
Ming telah mengusulkan pesawat X Two-Stage Vehicle (TSV), di mana pesawat ini didukung oleh dua mesin terpisah di sisinya.
Konsep ini berbeda dengan kebanyakan pesawat hipersonik yang mesinnya ditempatkan di “perut” pesawat.
Mesin pesawat ini dapat bekerja sebagai mesin turbin biasa pada kecepatan rendah dan dapat beralih ke mode kecepatan tinggi saat pesawat mencapai kecepatan hipersonik — lebih dari lima kali kecepatan suara (Mach 5 ke atas).
Desain pesawat TSV X seharusnya diverifikasi melalui program Boeing Manta X-47C.
Namun, sebelum program dapat memverifikasi efisiensi desain, pemerintah AS memutuskan untuk menghentikannya pada awal 2000-an karena biayanya yang tinggi serta sejumlah masalah teknis seputar program tersebut.
Sekarang, bertahun-tahun kemudian, Profesor Tan Huijun dan rekan-rekannya di Universitas Aeronautika dan Astronautika Nanjing di provinsi timur Jiangsu.
Mereka telah mengembangkan dan menguji mesin prototipe dengan dua lubang masuk samping, mirip dengan cetak biru Ming, yang dideklasifikasi dalam 2011.
Prof Tan telah menguji prototipe ini di terowongan angin, yang dapat mensimulasikan kondisi penerbangan dari 4 Mach hingga 8 Mach selama beberapa detik.
Tes menunjukkan bahwa mesin mampu menyala bahkan di bawah "kondisi penerbangan yang paling menantang", lebih lanjut membuktikan poin Ming, menurut Interesting Engineering.
Ide Ming menarik banyak perhatian di China karena "memahami mekanisme kerjanya dapat memberikan panduan penting untuk pesawat hipersonik dan pengembangan mesin", Prof. Tan dan rekan mengatakan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam peer-review China, Journal of Propulsion Technology pada 5 Desember.
Siapa Ming Han Tang?
Ming Han Tang lahir di Chongqing, ibu kota masa perang Tiongkok, pada 10 Juli 1939. Dia merupakan putra seorang jenderal Angkatan Darat Nasionalis.
Segera setelah perang saudara Tiongkok berakhir, keluarga Ming pindah ke Taiwan dan Brasil sebelum akhirnya menetap di Amerika Serikat pada tahun tahun 1950-an.
Karir Ming dengan NASA dimulai sebagai insinyur ruang angkasa di Pusat Penelitian Penerbangan Dryden di California pada 1960-an.
Dari sana, dia kemudian menduduki posisi terdepan di program rahasia Lockheed Martin seperti pesawat mata-mata U-2 dan SR-71 Blackbird.
Sejak akhir 1980-an, Ming memimpin program penelitian penerbangan hipersonik NASA.
Namun, pada tahun 1999, dia memutuskan untuk keluar dari badan antariksa AS karena ketidakpercayaan pemerintah terhadap ilmuwan asal China. Ming meninggal pada 28 Oktober 2018.
Wen Hoo Lee, seorang fisikawan nuklir di Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico, didakwa karena memberikan rahasia senjata nuklir AS ke China.
Namun, dia kemudian dibebaskan dari tuduhan dan menerima permintaan maaf dan penyelesaian $1,6 juta dari pemerintah federal AS.
Kasus ini dilaporkan secara luas dan mempengaruhi banyak peneliti asal China, terutama mereka yang bekerja di fasilitas sensitif, lapor South China Morning Post.
Chen Shiyi, saat itu wakil direktur Pusat Studi Nonlinier di Los Alamos dan salah satu pakar turbulensi top dunia, berhenti pada tahun yang sama.
Chen akhirnya kembali ke China dan membantu mendirikan laboratorium penelitian hipersonik canggih, tambah laporan SCMP.
Keluarnya ilmuwan asal China dari AS terjadi sekitar waktu yang sama ketika China memulai program senjata hipersoniknya pada awal 2000-an, menurut beberapa spesialis luar angkasa China.
Desain yang diberikan oleh Ming tidak sempurna, menurut Tan Huijin dan rekan-rekannya.
Hasil simulasi dan eksperimen komputer menunjukkan bahwa ada kemungkinan turbulensi kuat terjadi di sekitar sudut saluran masuk udara yang dapat mempengaruhi stabilitas penerbangan.
“Ada juga batasan seberapa curam sebuah pesawat bisa naik tanpa mencekik mesin. Meskipun tata letak mesin ganda layak dengan beberapa keuntungan, seperti yang disarankan oleh eksperimen lapangan, banyak masalah yang menantang masih harus diselesaikan,” kata tim Tan.