Daimler Reitwagen Cikal Bakal Mobil, Ternyata Jok Sepeda Motor Pertama di Dunia Ini sempat Terbakar saat Uji Cobanya

Khaerunisa

Editor

Daimler Reitwagen Cikal Bakal Mobil, Jok Sepeda Motor Pertama di Dunia Ini sempat Terbakar saat Uji Cobanya
Daimler Reitwagen Cikal Bakal Mobil, Jok Sepeda Motor Pertama di Dunia Ini sempat Terbakar saat Uji Cobanya

Intisari-Online.com - Daimler Reitwagen, sepeda motor pertama di dunia yang dibuat oleh penemu Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech.

Ia diperkenalkan Jerman pada 10 November 1885, atau sekitar 136 tahun yang lalu.

Setelah pembuatannya, Daimler dan Maybech tidak kembali ke konstruksi sepeda motor lagi, melainkan beralih ke produksi mobil.

Daimler akhirnya memproduksi dan membangun mesin dan unit tenaga, dan kemudian mulai merancang dan membangun mobil awal.

Baca Juga: Bersama Gottlieb Daimler Buat Sepeda Motor Pertama di Dunia, Inilah Sosok Wilhelm Maybach yang Dijuluki sebagai 'Raja Desainer'

Reitwagen-nya adalah satu-satunya proyek sepeda motornya. Namun, keberhasilan Daimler Reitwagen ini mengarah ke produksi mobil setahun kemudian.

Sehingga, bagaimanapun, Daimler Reitwagen adalah kendaraan pertama yang menampilkan mesin pembakaran internal berkecepatan tinggi, menjadikannya pendahulu langsung dari mobil.

Gottlieb Daimler dan Carl Benz (dari ketenaran Mercedes-Benz) kemudian dikenal sebagai penemu mobil, yang mana tanggal 29 Januari 1886, dianggap sebagai hari lahir mobil pertama.

Dapat dikatakan, pengembangan mesin sepeda motor pertama di dunia tersebut merupakan cikal bakal konstruksi mobil, namun rupanya saat uji coba pertama sempat terjadi kebakaran di jok motor.

Baca Juga: Kisah Pilot Tempur Jepang yang Setelah Pearl Harbor Mendarat di Pulau Hawaii dan Meneror Penduduk, Diwarnai Pengkhianatan dan Harakiri, Begini Akhir Kisahnya!

Melansir hotcars.com, ketika putra Daimler yang berusia 17 tahun, Paul, membawa Daimler Reitwagen pada uji coba pertamanya, kendaraan itu berulang kali kepanasan.

Itu meningkat ke titik di mana jok kendaraan berulang kali kepanasan dan terbakar, yang disebabkan oleh pengoperasian sistem pengapian yang terletak tepat di bawahnya.

Perjalanan pertama sepeda motor pertama di dunia tersebut mungkin menjadi tidak nyaman dan kurang aman bagi pengendaranya.

Saat itu, Daimler Reitwagen memiliki kredibilitas karena bahan bakarnya menggunakan bensin.

Baca Juga: 17 Tahun Dinyatakan Hilang Pasca Tsunami Aceh, Mendadak Pria yang Diduga Polisi Ini DitemukanDalamKondisi Tak Terduga, 'Selama Ini Ada di Rumah Sakit Jiwa'

Pada masanya, bensin tidak sering digunakan sebagai bahan bakar dan banyak mesin tidak menggunakan bensin.

Klaim Daimler untuk mengembangkan sepeda motor "sejati" pertama mendapatkan kredibilitasnya ketika diumumkan bahwa Daimler Reitwagen berbahan bakar tersebut.

Kendaraan sebelumnya pada masa itu adalah mesin dua silinder kecil yang ditenagai oleh uap.

Uji coba pertama di mana terjadi insiden jok terbakar itu dilakukan pada November 1885, namun tanggalnya diperdebatkan.

Baca Juga: Dipastikan Membuat Seluruh Petani Indonesia Menangis, Menjelang Panen Raya, Dua Menteri Jokowi Ini Sepakat Perintahkan Impor Beras Sampai 1 Juta Ton, 'Harga di Petani Sudah Drop'

Beberapa mengatakan 10 November, sementara yang lain mengatakan 18 November.

Saat itu, Reitwagen melakukan perjalanan publik pertamanya di depan umum. Perjalanan tersebut mendemonstrasikan tenaga mesin dan kendali manusia atasnya.

Putra Daimler, Paul, mengendarai kendaraan itu, menempuh jarak 5 km antara Cannstatt ke Unterturkheim di Stuttgart, Jerman dengan kecepatan 5-12 km / jam.

Dia adalah pembalap tes pertama Daimler Reitwagen pada usia 17 untuk perjalanan pertamanya di depan umum.

Baca Juga: Punya IQ Jongkok Sampai Banyak Sekolah Ogah Menerimanya, Pria Ini Malah Berhasil Buat Seorang Profesor Terpana Karena Kecerdasannya, Setelah Disuruh Mengerjakan Matematika

Selanjutnya, Wilhelm Maybach, mitra Daimler dan salah satu penemu Daimler Reitwagen, secara pribadi membawa sepeda motor itu untuk uji coba.

Melihat bagaimana penemuan ini memperkuat posisi bengkel Daimler dan Maybach serta menjadi fondasi yang kokoh untuk perkembangan masa depan, tentu penting bagi Maybach untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi temuan ini untuk dirinya sendiri.

Sebelum uji coba tersebut, Daimler Reitwagen telah dipatenkan.

Sang penemunya mematenkan Reitwagen sebagai sepeda motor sejati pertama, secara resmi meletakkan klaimnya di dunia roda dua.

Baca Juga: Namanya Diambil dari Gada Prabu Baladewa, Inilah Kapal Selam Buatan Anak Bangsa Pertama, Mampu Berlayar Lebih dari Satu Bulan Tembus Kedalaman 310 Meter, Dijamin Negara ASEAN Lain Iri Berat

Itu dilakukannya setahun sebelum ia pindah ke pengembangan mobil.

3 April 1885, adalah saat desain mesin untuk Daimler Reitwagen secara resmi dipatenkan.

Sementara, desain lengkap Daimler Reitwagen dipatenkan pada tanggal 29 Agustus 1885.

Desain buatan Daimler dan Maybach itu inovatif sehingga tidak terbatas pada sepeda motor. Akhirnya mesin tersebut digunakan dalam konstruksi kendaraan roda empat yang dirancang dari awal sebagai mobil.

Baca Juga: Apa Benar Warna Ungu Berarti Setia? Beginilah Arti Warna Ini

(*)

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja Majalah Intisari.Tinggal klik dihttps://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait