Advertorial

Penemunya Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech, Inilah Fakta-fakta Sepeda Motor Pertama di Dunia

Khaerunisa

Editor

Sepeda motor pertama di dunia dibuat oleh penemu Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech. Ini fakta-faktanya
Sepeda motor pertama di dunia dibuat oleh penemu Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech. Ini fakta-faktanya

Intisari-Online.com - Reitwagen atau Einspur merupakan sepeda motor pertama di dunia, yang diperkenalkan Jerman pada 10 November 1885, atau sekitar 136 tahun yang lalu.

Sepeda motor pertama di dunia tersebut dibuat oleh penemu Jerman bernama Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybech.

Gottlieb Daimler merupakan insinyur mesin Jerman yang kemudian dikenal sebagai tokoh utama dalam sejarah awal otomotif industri.

Setelah menempuh berbagai tingkat pendidikan, termasuk menimba ilmu di Sekolah Stuttgart untuk Pelatihan Lanjutan dalam Seni Industri, Daimler sempat bekerja di Rollé und Schwilque (R&S) di Grafenstaden.

Baca Juga: Inilah Sosok Pencipta Sepeda Motor Pertama, Teknologi yang Mengubah Dunia, Pertama Kali Diperkenalkan 136 Tahun Lalu

Mengundurkan diri dari R&S, kemudian ia mengunjungi Paris, hingga ke pergi ke Inggris dan bekerja di perusahaan teknik terkemuka di sana.

Sepulangnya dari Inggris, Daimler yang saat itu berusia 31 tahun mendapatpekerjaan di kota Reutlingen di selatan Jerman dan menjadi pengawas disebuah bengkel bernama Bruderhau, lembaga sosial yang mempekerjakananak yatim dan tunawisma.

Di sana ia berkenalan dengan anak muda berusia belasan tahun yang kelakmenjadi partner bisnisnya seumur hidup, Wilhelm Maybach.

Setelah pertemuan itu, mereka mulai bereksperimen dengan berbagaimesin di sebuah rumah musim panas milik Daimler di kota Cannstatt hingga terciptalah apa yang dikenal sebagai sepeda motor pertama di dunia.

Baca Juga: Viral Setelah Disebut Berada di Yogyakarta oleh Anya Geraldine, Faktanya Borobudur Punya Kisah Memilukan saat Pertama Kali Ditemukan, Jauh dari Kata Megah

Meski Reitwagen dikenal sebagai sepeda motor roda dua, namun sebenarnya ia memilki empat roda, dua di antaranya dapat dikatakan sebagai roda latihan.

Reitwagen memiliki body berwarna coklat, tentu tampilannya berbeda dengan yang kita kenal saat ini.

Pada dasarnya, sepeda motor Daimler merupakan sepeda kayu tanpa pedal kaki yang didukung oleh mesin kecil dan bertenaga dibandingkan dengan mesin pembakar lain pada masa itu yang digunakan untuk operasi diam.

Prioritas Daimler adalah membuat mesinnya dapat digunakan untuk kendaraan bergerak. Meski ada pendahulu Daimler Reitwagen yang dianggap sebagai sepeda motor, namun Daimler Reitwagen tetap menjadi sepeda motor pembakaran internal bensin pertama, dan cikal bakal semua kendaraan darat, laut, dan udara yang menggunakan mesin jenis ini.

Baca Juga: Cuti Bersama 2021 Dipangkas, Pastikan Anda Tetap Ambil Cuti Tahunan, Jika Tak Ingin Alami Kematian Dini!

Selain itu, berikut ini berbagai fakta sepeda motor pertama, Daimler Reitwagen, melansir hotcars.com:

1. Gottlieb Daimler Mematenkannya

Daimler mematenkan sepeda motor buatannya ini. Ia mematenkan Reitwagen-nya sebagai sepeda motor sejati pertama, secara resmi meletakkan klaimnya di dunia roda dua.

Itu dilakukannya setahun sebelum ia pindah ke pengembangan mobil.

3 April 1885, adalah saat desain mesin untuk Daimler Reitwagen secara resmi dipatenkan.

Prasyarat terpenting untuk sepeda motor pertama di dunia adalah mesin empat-tak, satu silinder yang inovatif dari Daimler, sebuah tonggak penting dalam sejarah teknologi.

Sementara, desain lengkap Daimler Reitwagen dipatenkan pada tanggal 29 Agustus 1885.

Langkah Daimler dan Maybach selanjutnya adalah memasang mesin di tempat pengujian sehingga mereka dapat melihat seberapa baik mesin tersebut dapat berfungsi di dalam kendaraan.

Baca Juga: Inilah 'Hyena' Profesi Aneh di Afrika yang Tugasnya Berhubungan Intim dengan Gadis Remaja, Konon Mereka Disuruh Oleh Orang Tua Si Gadis Demi Menjaga Tradisi Lama Ini

2. Mesin Mereka Kemudian Digunakan Untuk Kapal Dan Mobil

Daimler dan Maybach memiliki desain mesin yang inovatif sehingga tidak terbatas pada sepeda motor.

Popularitas dan kepraktisannya terus meningkat, menyebabkan penggunaannya di kapal dan mobil, khususnya gerbong roda empat.

Akhirnya, mesin ini digunakan dalam konstruksi kendaraan roda empat yang dirancang dari awal sebagai mobil.

3. Daimler Tidak Pernah Membuat Sepeda Motor Lagi

Daimler beralih ke proyek yang lebih besar setelah pembuatan model Daimler Reitwagen. Dia tidak pernah kembali ke konstruksi sepeda motor lagi.

Dia akhirnya memproduksi dan membangun mesin dan unit tenaga, dan kemudian mulai merancang dan membangun mobil awal.

Reitwagen-nya adalah satu-satunya proyek sepeda motornya.

Baca Juga: Selalu Merasa Lapar Padahal Baru Saja Makan, Ini Salah Satu dari 9 Gejala Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

4. Menyebabkan Produksi Mobil Setahun Kemudian

Keberhasilan Daimler Reitwagen mengarah ke produksi mobil setahun kemudian. Bagaimanapun, Daimler Reitwagen adalah kendaraan pertama yang menampilkan mesin pembakaran internal berkecepatan tinggi, menjadikannya pendahulu langsung dari mobil.

Gottlieb Daimler dan Carl Benz (dari ketenaran Mercedes-Benz) kemudian dikenal sebagai penemu mobil.

Tanggal 29 Januari 1886, dianggap sebagai hari lahir mobil pertama.

5. Perjalanan Pertama Adalah November 1885

November 1885 adalah perjalanan pertama Daimler Reitwagen, meskipun tanggalnya diperdebatkan.

Beberapa mengatakan 10 November, sementara yang lain mengatakan 18 November.

Reitwagen melakukan perjalanan publik pertamanya di depan umum. Perjalanan ini mendemonstrasikan tenaga mesin dan kendali manusia atasnya.

Baca Juga: Uni Soviet Catatkan Sejarah Berhasil Kirim Orang Pertama ke Luar Angkasa Kalahkan AS, Demi Bisa Meraihnya Ini Sejumlah Anjing yang 'Ditumbalkan'

6. Putra Daimler, Paul Adalah Penunggang Pertama

Putra Daimler, Paul, mengendarai kendaraan itu, menempuh jarak 5 km antara Cannstatt ke Unterturkheim di Stuttgart, Jerman dengan kecepatan 5-12 km / jam.

Dia adalah pembalap tes pertama Daimler Reitwagen pada usia 17 untuk perjalanan pertamanya di depan umum.

7. Wilhelm Maybach Kemudian Juga Mengendarainya

Wilhelm Maybach, mitra Daimler dan salah satu penemu Daimler Reitwagen, kemudian secara pribadi membawa sepeda motor itu untuk uji coba.

Melihat bagaimana penemuan ini memperkuat posisi bengkel Daimler dan Maybach dan menjadi fondasi yang kokoh untuk perkembangan masa depan, penting bagi Maybach untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi temuan ini untuk dirinya sendiri.

Baca Juga: Bangkai Kapal ‘Holy Grail; Ditemukan pada 2015 dengan Kargo Senilai Ratusan Triliun Rupiah, Termasuk Artefak Cangkir Teh dan Kendi Keramik

8. Bensin Memberi Kredibilitas pada Daimler Reitwagen

Bensin memberikan kredibilitas Daimler Reitwagen, karena pada masanya, bensin tidak sering digunakan sebagai bahan bakar dan banyak mesin tidak menggunakan bensin.

Klaim Daimler untuk mengembangkan sepeda motor "sejati" pertama mendapatkan kredibilitasnya ketika diumumkan bahwa Daimler Reitwagen berbahan bakar bensin.

Kendaraan sebelumnya pada masa itu adalah mesin dua silinder kecil yang ditenagai oleh uap.

9. Terlalu Panas Pada Perjalanan Pertama

Ketika putra Daimler yang berusia 17 tahun, Paul, membawa Daimler Reitwagen pada uji coba pertamanya, mobil itu berulang kali kepanasan.

Itu meningkat ke titik di mana jok kendaraan berulang kali kepanasan dan terbakar, yang disebabkan oleh pengoperasian sistem pengapian yang terletak tepat di bawahnya, mungkin membuat perjalanan yang agak tidak nyaman.

Baca Juga: Pantas Saja China Ngamuk, Rupanya Saat Perang Dunia II, Negeri Panda Itu Diperlakukan Dengan Mengerikan, Dibantai Jepang Habis-Habisan dan Dilupakan Barat Meski Berjasa

10. Menghasilkan 0,5 Horsepower

Mesin baru ini menghasilkan 0,5 tenaga kuda pada 600 rpm, yang mungkin lemah menurut standar sekarang, tetapi cukup banyak pada masanya.

Desain Daimler Reitwagen mencakup rangka sepeda kayu dengan pedal dilepas dan mesin empat langkah siklus Otto satu silinder yang dipasang pada balok karet.

Juga menampilkan dua roda kayu tapak besi, serta dua roda cadik agar tetap stabil.

Dan mencapai kecepatan tertinggi sekitar 11 km / jam.

11. Namanya Punya Arti "Naik Gerobak"

Daimler Reitwagen memiliki arti dibalik namanya.

Meskipun sebagian dinamai untuk penciptanya, Gottlieb Daimler.

Namun, "Reitwagen" berarti "mengendarai gerobak" atau "jalur tunggal", karena Daimler Reitwagen menggunakan dua roda dan melaju di trek tunggal, sebagai lawan dari kereta beroda empat, yang melaju dengan dua jalur.

Baca Juga: Ingin Buat Pacar Terkesan Saat Hari Valentine, Pria Ini Pasang Cincin Baja di Alat Kelaminnya, Begini Akhir yang Tak Disangka-sangkanya

(*)

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja Majalah Intisari.Tinggal klik dihttps://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait